Hilman Pujana Sebut Parepare dan KPPU Punya Jejak Historis dengan Bj Habibie

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 22 April 2021 20:13

Hilman Pujana Sebut Parepare dan KPPU Punya Jejak Historis dengan Bj Habibie

TROTOAR.id, Parepare – Kepala Wilayah VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Hilman Pujana, mengaku, jika kesamaan Kota Parepare KPPU Sama-sama memiliki tokoh nasional dan internasional yakni sosok Baharuddin Jusuf Habibie, Presiden ketiga Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Kanwil VI KPPU Makassar, Hilman Pujana saat kunjungan kerja di Kota Parepare yang diterima Langsung di ruang rapat Wali Kota Parepare, Kamis 22 April 2021.

“Parepare dan KPPU ini punya kesamaan tokoh, yakni sosok Bj Habibie, karena KPPU lahir itu di masa dimana kepemimpinan Presiden ketiga Republik Indonesia, dan Parepare merupakan tempat kelahiran tokoh nasional dan internasional tersebut,” katanya.

Hilman, menjelaskan, kehadiran KPPU itu untuk menjawab tantangan terkait adanya tengkulak atau diduga pada orde sebelumnya itu diduga adanya pelaku usaha yang melakukan monopoli usaha, dan itu diduga karena adanya peran serta para Petinggi Pemerintah ini.

“KPPU ini lahir karena campur tangan BJ Habibie dimana beliau yang sangat berkeinginan menghadirkan lembaga ini sebagai kontrol Usaha sehingga kemudian dalam berusaha tidak ada pihak yang mencari keuntungan sendiri, atau bahkan mementingkan kepentingan Pemerintah untuk kepentingan diri sendiri,” urainya.

Selain itu, dirinya memberikan warning kepada Pemerintah Kota Parepare, terkait berbagai fenomena sebelumnya dimana adanya indikasi persekongkolan pemenangan tender yang terjadi di beberapa daerah.

“Nah ini ada beberapa daerah yang dilaporkan terkait dugaan persekongkolan pemenangan tender, ini yang kita tidak inginkan, tapi saya yakin Parepare sudah punya koridor dan cara tersendiri untuk menghindari kejadian tersebut, dan bahkan saya juga apresiasi Parepare ini punya Perda yang melakukan pembatasan ritel modern untuk masuk, itu sebuah prestasi yang baik, dan patut menjadi contoh bagi daerah lainnya,”paparnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, memerintah kepada instansi terkait melalui Pengadaan barang dan jasa, atau instansi pembinaan lainnya untuk melakukan workshop dan mempertajam terkait aturan dalam penentuan tender oleh Pemerintah terhadap pihak ketiga.

“Ini perlu kita tindak lanjut dan sebaiknya kita lakukan untuk pembinaan ini sehingga aparatur kita siap dan punya kapasitas dalam pengembangan tersebut, sehingga tidak ada maladministrasi yang terjadi,” tegasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional18 Mei 2021 18:39
Melalui Kuasa Hukumnya, AS Tak Akan Ajukan Eksepsi
Trotoar.id, Makassar -- Melalui kuasa hukumnya Anggung Sucipto tidak akan mengajukan Eksepsi pada sidang tindak Pidana Korupsi di pengadilan Negeri Ti...
Daerah18 Mei 2021 18:25
Mendekati Standar WHO, Satgas Luwu Utara Genjot Testing COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, optimistis pengendalian COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, ...
Metro18 Mei 2021 18:18
Pemerintah Kota Makassar Terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Dengan WDP Dari BPK RI Provinsi Sulsel
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah Kota Makassar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Makassar...
Metro18 Mei 2021 16:16
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan
Trotoar.id, Makassar -- Sebanyak Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) M...