Densus 88 Disebut Sewenang-wenang dalam Penangkapan Munarman

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Rabu, 28 April 2021 21:41

Penangkapan Munarman oleh Densus 88.
Penangkapan Munarman oleh Densus 88.

TROTOAR.id—Selain disebut melanggar HAM, Amnesty International Indonesia menilai Densus 88 Antiteror Polri sudah sewenang-wenang dan mempertontonkan secara gamblang tindakan aparat yang tidak menghargai nilai-nilai HAM ketika menjemputnya dengan paksa. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Amnesty International, Usman Hamid.

“Menyeret dengan kasar, tidak memperbolehkannya memakai alas kaki, menutup matanya dengan kain hitam merupakan perlakuan yang tidak manusiawi dan merendahkan martabat. Itu melanggar asas praduga tak bersalah,” kata Usman Hamid dalam keterangannya, Rabu (28/4/2021).

Menurut Usman Hamid, tuduhan terorisme kepada Munarman bukan dasar untuk melanggar hak asasi manusia.

“Munarman terlihat tidak membahayakan petugas dan tidak terlihat adanya urgensi aparat untuk melakukan tindakan paksa tersebut. Hak-hak Munarman harus dihormati apapun tuduhan kejahatannya,” terangnya.

Usman menjelaskan, dalam pasal 28 ayat (3) dari Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme jelas menyatakan bahwa pelaksanaan penangkapan orang yang diduga melakukan Tindak Pidana Terorisme harus dilakukan dengan menjunjung tinggi prinsip HAM. 

“Belum lagi jika mengingat situasi kedaruratan pandemi Covid-19. Penegak hukum harus lebih sensitif, mempertimbangkan prokes dan hak atas kesehatan dari orang yang hendak ditangkap atau ditahan, termasuk menyediakan masker kepada yang menutupi mulut dan hidung, bukan justru membiarkannya terbuka dan menutup matanya dengan kain hitam,” tuturnya.

Penangkapan terhadap Munarman diduga berkaitan dengan kegiatan baiat teroris di tiga kota, diantaranya dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Makassar, dan Medan. (Ltf/Trotoar)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional18 Mei 2021 18:39
Melalui Kuasa Hukumnya, AS Tak Akan Ajukan Eksepsi
Trotoar.id, Makassar -- Melalui kuasa hukumnya Anggung Sucipto tidak akan mengajukan Eksepsi pada sidang tindak Pidana Korupsi di pengadilan Negeri Ti...
Daerah18 Mei 2021 18:25
Mendekati Standar WHO, Satgas Luwu Utara Genjot Testing COVID-19
Trotoar.id, Luwu Utara -- Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, optimistis pengendalian COVID-19 di Kabupaten Luwu Utara dapat berjalan dengan baik, ...
Metro18 Mei 2021 18:18
Pemerintah Kota Makassar Terima LHP LKPD Tahun Anggaran 2020 Dengan WDP Dari BPK RI Provinsi Sulsel
Trotoar.id, Makassar -- Pemerintah Kota Makassar menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Makassar...
Metro18 Mei 2021 16:16
150 Siswa Dikmata Satdik-2 Makassar Laksanakan Samapta Awal Pendidikan
Trotoar.id, Makassar -- Sebanyak Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) M...