Mantan Kadis Pendidikan Makassar Mahmud BM Ungkap Urgensi PTM

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 10 Juni 2021 22:00

Mahmud BM. (Dokpri).
Mahmud BM. (Dokpri).

MAKASSAR—Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Mahmud BM mengatakan bahwa sekolah tatap muka harus segera dilakukan.

“Saya kira sekolah tatap muka harusnya jalan, tapi secara terbatas dan dengan protokol kesehatan ketat,” ungkapnya.

Alasannya, kata dia, ditarik dari beberapa bertimbangan. Salah satunya tingkat kejenuhan siswa, guru, dan para orang tua sudah sangat dirasakan. Hal ini yang belum bisa dijawab oleh pemerintah.

“Kejenuhan anak dan juga guru terhadap pembelajaran daring perlu diatasi atau dijawab dan dipikirkan,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Sehingga menurut Mahmud, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi penting bahkan menjadi sesuatu yang telah dinantikan oleh semua kalangan.

“Kenapa harus PTM? Indikatornya: bila ketemu siswa baik SD maupun SMP, coba ditanya pilih mana mau pembelajaran tatap muka atau tetap Daring, rata-rata siswa menjawab suka PTM pak, demikian pula org tua siswa. Artinya mereka rata-rata menginginkan PTM,” jelasnya.

Sekolah harus betul-betul siap, misalnya sarana dan prasarana, tenaga pengajar, serta mekanisme pembelajaran. Kemudian pada prosesnya mesti dipersiapkan secara cermat dan penuh kehati-hatian, “Ini harus diatur dan disiapkan secara cermat,” tuturnya.

Terpisah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar menyebut pelaksanaan sekolah tatap muka di Kota Makassar sudah sepenuhnya siap, sisa menunggu regulasi untuk dijadikan acuan.

Sekretaris Disdik Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan regulasi rencananya akan dibentuk lewat Peraturan Wali Kota (Perwali) Makassar yang memuat petunjuk teknis (Juknis) sekolah tatap muka.

“Jadi kita udah persiapan, sementara ini proses untuk Perwali-nya. Kita usahakan kalau bukan surat edaran, kalau bisa Perwali, sementara ini surat edaran dan sekalian dengan juknisnya,” ujarnya pada beberapa waktu lalu.

 Dia menargetkan regulasinya akan keluar paling lambat pada Juni 2021, sebelum memasuki tahun ajaran baru Juli mendatang, dimana penyelenggaraan perdana sekolah tatap muka juga akan dilakukan. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
News21 Juni 2021 23:42
Kunjungi TPI Sumpang, Andi Ina Ingatkan Protokol Kesehatan
Trotoar.id, Barru -- Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Andi INa Kartika Sari melakukan meninjau proses rehabilitasi bangunan Tempat P...
News21 Juni 2021 22:54
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara...
News21 Juni 2021 22:49
Budi Hastuti Sosialisasikan Perda Tentang Kesehatan
Trotoar.Id, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2009 tentang pelayanan ke...