Inovasi Ramah Adat Disdukcapil Bulukumba Masuk Top 30 Inovasi Terbaik

Fadli
Fadli

Senin, 06 September 2021 18:27

Inovasi Ramah Adat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, masuk Top 30 terbaik dalam Kompetisi Pelayanan Publik 2021.
Inovasi Ramah Adat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, masuk Top 30 terbaik dalam Kompetisi Pelayanan Publik 2021.

Trotoar.id, Bulukumba – Inovasi Ramah Adat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba, masuk Top 30 terbaik dalam Kompetisi Pelayanan Publik 2021.

Wabup Bulukumba, Andi Edy Manaf, telah menerima penghargaan tersebut dari Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur Sulsel Senin (6/9/2021).

Pada inovasinya itu Disdukcapil Bulukumba, membuat warga yang bermukim di kawasan Adat Ammatoa Kajang Bulukumba, bisa memiliki identitas kependudukan.

Sebelumnya, warga Adat Kajang di kawasan Desa Tanah Toa, tidak mau dibuatkan identitas kependudukan karena enggan untuk difoto.

“Nah dengan adanya inovasi Ramah Adat ini, mereka perlahan sudah mau di rekam di buatkan e-KTP serta kartu keluarga,” jelas Edy Manaf.

Edy berharap, prestasi ini bisa menjadi pemantik untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar semakin kreatif dan inovatif.

“Alhamdulillah, kita berharap ini dipertahankan. Dan untuk OPD lain, ayo mari kita berinovasi, untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” harapnya.

Sebelumnya, Disdukcapil Bulukumba, menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP, rampung 100 persen.

Salahsatu upaya yang dilakukan oleh Disdukcapil Bulukumba untuk mewujudkan target tersebut, yakni dengan melakukan jemput bola alias ‘Jempol’. 

Seperti diantaranya yang telah dilaksanakan di Kawasan Adat Kajang, tepatnya di Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang, sekitar 30 kilometer tenggara Kota Bulukumba.

Adapun persyaratan untuk membuka penutup kepala (passapu) pada saat berfoto, yang dipermasalahkan selama ini, sudah tidak jadi persoalan lagi.

Pasalnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah memberikan izin untuk penggunaan passapu dengan alasan untuk menghargai kearifan lokal.

Penulis : Addy

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...