Andi Nurhilda Beberkan Lokus yang Bakal Jadi Penilaian Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat di Sinjai

Fadli
Fadli

Sabtu, 02 Oktober 2021 22:21

Ketua PKK Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto.
Ketua PKK Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto.

SINJAI – Ketua Forum Kabupaten Sehat Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto membeberkan perkembangan Kabupaten Sehat pada tahun 2021 ini, sedikitnya terdapat enam tatanan yang dipilih dan ditargetkan dapat mempertahankan kembali Swasti Saba Wistara.

Disebutkan, beberapa rencana lokasi khusus (lokus) yang akan dipersiapkan untuk diverifikasi tim pusat diantaranya, lokus tatanan permukiman sarana dan prasarana umum yaitu program kampung iklim di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur.

Selain itu, lokus sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi yaitu terminal induk Tellulimpoe tipe B di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara. Lokus tatanan pariwisata sehat yaitu, desa wisata Pantai Mallenreng di Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur.

Kemudian, lokus tatanan ketahanan pangan dan gizi yaitu kampung sehat sapi hasil inseminasi buatan (kampung sehati) di Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo. Kebun T’sang di Tanassang Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Selanjutnya, lokus tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri yaitu desa ODF dan lokus penanganan stunting di Desa Lappacinrana, Kecamatan Bulupoddo. Lokus tatanan kehidupan sosial yang sehat yaitu lembaga kesejahteraan sosial Al Hidayah Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara.

Lebih lanjut Andi Nurhilda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai mengatakan, sehubungan dengan adanya masa pandemi, maka ada tatanan tambahan baru yaitu tatanan covid.

“Untuk itu diharapkan agar dapat mempersiapkan lokus tatanan dengan baik dan tetap memperhatikan kesiapan protokol kesehatan pada saat verifikasi berupa adanya tempat cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak, serta menjaga kebersihan lokus, memasang stiker larangan merokok dan menyiapkan tempat-tempat sampah di lokus tersebut,” kata istri Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Masih kata Nurhilda bahwa,forum kabupaten Sinjai sehat siap bermitra dan mendukung pemerintah daerah kabupaten Sinjai dalam mencapai kabupaten Sinjai sehat.

“Saya yakin dan percaya jika semua pihak bergerak bersama, maka kita dapat mempertahankan kembali penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kedua kalinya,” kunci Nurhilda dalam rapat koordinasi Kabupaten Sehat di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (1/10/2021)

Penulis : Alam


 Komentar

Berita Terbaru
News28 Oktober 2021 16:36
Peringati Hut Golkar Ke 57, IDP : Kader Harus Hadir Memberi Manfaat Untuk Masyarakat
Trotoar.id, Masamba -- Ketua terpilih DPD II Partai Golkar Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP) menyampaikan, setiap kader harus memberi manfaat kep...
News28 Oktober 2021 16:27
GP Nasdem Gelar PSP Ke II di Hari Sumpah Pemuda
Trotoar..id, Makassar - DPW Partai NasDem Provinsi Sulawesi selatan melalui DPW Garda Pemuda NasDem Sulsel, menggelar bakti sosial “PSP (Pemuda Siag...