Pemda Luwu Utara

Kader Dasawisma Diinstruksikan Tingkatkan Kualitas Hidup Keluarga oleh Bupati Luwu Utara

Awal Nur
Awal Nur

Selasa, 30 Januari 2024 19:02

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kembali memberikan arahan dalam Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Dasawisma, kali ini bertemu dengan para kader di Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Baebunta Selatan pada Senin (29/1/2024).
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kembali memberikan arahan dalam Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Dasawisma, kali ini bertemu dengan para kader di Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Baebunta Selatan pada Senin (29/1/2024).

Trotoar.id, Luwu Utara — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, kembali memberikan arahan dalam Orientasi Peningkatan Kapasitas Kader Dasawisma, kali ini bertemu dengan para kader di Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Baebunta Selatan pada Senin (29/1/2024).

Indah menjelaskan bahwa Dasawisma, gabungan kata “dasa” dan “wisma” yang berarti sepuluh dan rumah, umumnya terdiri dari sepuluh hingga dua puluh rumah yang berdekatan. Fokus kegiatannya adalah peningkatan kualitas rumah tangga.

“Dasa Wisma memiliki peran strategis dalam membantu pelaksanaan 10 program pokok PKK. Tujuannya adalah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan, bukan hanya sebagai objek tetapi juga sebagai subjek yang berperan aktif,” ungkap Bupati Luwu Utara.

Bupati yang juga ibu dari dua anak ini menekankan bahwa terbentuknya Dasawisma membawa manfaat signifikan, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Melalui Dasawisma, berbagai kegiatan seperti gotong royong, pengelolaan sampah, hingga penanganan stunting dan miskin ekstrem dapat diatasi dengan efektif.

“Keaktifan Dasawisma dapat berkontribusi pada berbagai aspek pembangunan. Oleh karena itu, saya menegaskan kepada para kader untuk segera membentuk Dasawisma di desa masing-masing. Pastikan mereka aktif dengan melibatkan anggota dalam berbagai kegiatan seperti lomba kebersihan rumah, arisan dana sehat, dan sebagainya,” pesan Indah.

Sebagai perempuan pertama yang menjabat sebagai Bupati di Sulsel, Indah Putri Indriani berharap Dasawisma tidak hanya menjadi sebuah struktur organisasi, tetapi lebih dari itu, menjadi motor penggerak untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Penulis : Addy

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....