Pemkab Gelar Maudu Adaka Ri Gowa

Suriadi
Suriadi

Jumat, 08 Desember 2017 20:56

Pemkab Gelar Maudu Adaka Ri Gowa

 

Trotoar.id, Sungguminasa — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW atau “Maudu Adaka ri Gowa”, yang berlangsung di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Jum’at (8/12) sore.

Kemeriahan Maudu Adaka 1439 Hijriah ini jadi spesial karena ribuan warga yang berdatangan memang sengaja untuk melihat acara ini, bahkan, dua bakul raksasa ini menjadi sasaran masyarakat saling berebut telur hias dan hasil bumi yang dianggap sebagai berkah pada setiap peringatan ritual adat Maudu Adaka tersebut.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Para Muspida Kab Gowa, Sekretaris Daerah Kab Gowa, H Muchlis, dan Para Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa beserta jajarannya, turut hadir dalam kegiatan ini.

Kepala Dinas Sosial, Syamsuddin Bidol menjelaskan, Maudu Adaka ri Gowa yang kita gelar kali ini merupakan upaya untuk membudayakan syiar islam dan wujud silaturahmi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Gowa.

“Peringatan kali ini menghadirkan 2 bakul raksasa yang berisi puluhan ribu telur dan hasil bumi lainnya yang diselipkan dalam bakul dengan melibatkan semua SKPD, Para Camat, BUMN, BUMD, Perbankan dan Organisasi Politik, Sosial dan Kemasyarakatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syamsuddin mengatakan, “Tidak hanya bakul raksasa saja, para pejabat, pimpinan SKPD, Perusahaan Daerah Holding Company, dan staf lingkup Pemkab Gowa, memberikan sedekah beras sebanyak 5 ton, dengan total keseluruhan sebesar Rp54.050.000,- ditambah Satu bulan gaji Bupati Gowa, telah dikoordinir dan akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu,” tambahnya.

Untuk hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kali ini akan dibawakan oleh Prof Hamdan Johannis.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momentum bersejarah bagi umat islam yang terus dilertarikan hingga saat ini.

“Tradisi ini merupakan bentuk syiar islam yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kecintaan umat islam Kabupaten Gowa kepada Rasulullah SAW dengan mengenang kembali sejarah perjalanan hidup dan perjuangan beliau dalam menyebarkan risalah islam pada masa lampau,” katanya.

Untuk itu, lanjut orang nomor satu di Gowa ini mengatakan, “Melalui momentum Maulid ini, saya mengharapkan seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa dapat meningkatkan kecintaan dan menjadikan Nabi Besar Muhammad SAW sebagai suritauladan dalam kehidupan kita hari ini dan akan datang,”harapnya.

Pada agenda tahunan keagamaan ini, Bupati Gowa juga menyerahkan piala kepada para pemenang Lomba Kanre Maudu yang terdiri dari tiga kategori yaitu SKPD, kecamatan dan ormas/parpol/Perbankan/BUMN dan BUMD.

Juara 1, 2 dan 3 untuk kategori SKPD diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Ketahanan Pangan, dan Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. Untuk Kategori Kecamatan, juara 1, 2 dan 3 diraih oleh Kecamatan Somba Opu, Parigi dan Pattalassang, sedangkan untuk kategori ormas/parpol/Perbankan/BUMN dan BUMD juara 1,2, dan 3 diraih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Holding Company, dan BRI. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro29 Mei 2024 19:17
Tiga Pesan Prof Zudan Pj Gubernur Sulawesi Selatan di Konferwil NU Sulsel
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menghadiri pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) XIV Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel, y...
Politik23 Juni 2024 19:26
Ini Alasan PPP Dorong Pasangan AIA-Danny Pomanto di Pilgub Sulsel 2024
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Selatan mendorong pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras -Mohammad Ramd...
Politik23 Juni 2024 17:03
PPP Endorse Pasangan AIA-Danny Pomanto untuk Pilgub Sulsel 2024
Setelah sebelumnya Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dikabarkan berpasangan dengan Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo atau Ilham Arief Sirajuddin, kini mun...
Daerah23 Juni 2024 15:19
Kolaborasi Pemkab, Kemenag, dan PKK untuk Cegah Stunting dari Hulu
Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, ...
Metro23 Juni 2024 14:37
Danny Pomanto Ramaikan Jalan Santai Sehat Bahagia Gereja Katolik Paroki ST Paulus Tello
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, turut meramaikan dan melepas kegiatan Jalan Santai Sehat Bahagia dalam rangka HUT ke-25 Tahun Gereja Katolik ...