Sambut Gerakan Coklit Serentak, PPK Parigi Gelar Apel Siaga

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 20 Januari 2018 19:04

Sambut Gerakan Coklit Serentak, PPK Parigi Gelar Apel Siaga

Suasana Apel Siaga PPDP se-Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa (20/1/2018)

Trotoar.id , Gowa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018. Kegiatan pemutakhiran data daftar pemilih ini digelar perdana dan serentak pada Sabtu, 20 Januari 2018.

Kegiatan yang berhasil meraih rekor MURI ini diawali dengan persiapan berupa apel pagi oleh para penyelenggara di tingkat kabupaten atau kecamatan. Di Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa misalnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Parigi menggunakan kesempatan ini dengan menggelar Apel Bersama secara terpadu dengan seluruh penyelenggara, tokoh masyarakat dan pemerintah sentempat.

Kegiatan apel yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Parigi ini dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dan penyematan secara simbolis atribut kepada PPDP se-kecamatan Parigi.

Hal ini diungkapkan oleh ketua PPK Parigi, Saiful. Baginya, kegiatan ini digunakan untuk memantapkan persiapan PPDP sebelum melakukan kegiatan pendataan pemilih Pilgub Sulsel mendatang.

“Dalam kegiatan ini, kami berupaya mempermantap persiapan kami, khususnya hal-hal yang dibutuhkan penyelenggara kami di tingkat PPS, khususnya PPDP” ungkapnya.

Kegiatan ini juga disambut baik oleh masyarakat kecamatan parigi. Hal ini diungkapkan oleh Abdul Rahman selaku Sekertaris Camat Parigi.

“Kami berharap tahapan ke depan sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, yaitu proses penyelenggaraan Pilkada yang bermartabat” ungkapnya sesaat setelah bertindak sebagai inspektur apel dalam kegiatan yang dihadiri puluhan peserta ini.

Hal yang sama diungkapkan oleh Kepala Unit (Kanit) Intelkam Polsek Tinggimoncong, Sulaiman Tahir. Menurutnya, kegiatan ini adalah terobosan yang bermanfaat bagi pihak terkait dalam proses penyelenggaraan tahapan Pilkada.

“Kami dari pihak keamanan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kegiatan ini sangat membantu kami dalam mengawal proses tahapan, khususnya dalam mensosialisasikan tugas-tugas kami dalam menjaga suasana lingkungan yang kondusif di Parigi” ujar Sulaiman yang juga membawahi institusi keamanan di Kecamatan Parigi.

Berkenaan dengan target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Coklit Serentak di Kecamatan Parigi ini, Anggota PPK kecamatan Parigi, Herianto, menegaskan bahwa kegiatan ini akan memberi dampak positif pada proses pendataan pemilih pada Pilgub Sulsel kali ini.

“Kegiatan ini adalah terobosan yang luar biasa. Selain sebagai bagian dari proses sosialisasi, kegiatan ini juga mampu memberi semangat bagi para penyelenggara ‘ad hoc’, khususnya ketelitian dalam proses pendataan pemilih” ungkapnya.

Diketahui, proses Coklit ini akan diadakan dari tanggal 20 Januari hingga 18 Januari 2018 dengan metode door to door atau mendatangi tiap-tiap rumah warga.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...
Daerah18 April 2024 16:42
BKPSDM Luwu Gelar Orientasi Nilai dan Etika untuk 110 ASN PPPK di Kabupaten Luwu
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Luwu menggelar kegiatan Orientasi Nilai dan Etika bagi 110 Aparatur Sipil Ne...