Disdik Sinjai Menunggu Rekomendasi Satgas Covid untuk Dimulai PTM

Awal Nur
Awal Nur

Sabtu, 03 Juli 2021 16:18

Kadisdik Sinjai Andi Jefrianto Asapa.
Kadisdik Sinjai Andi Jefrianto Asapa.

TROTOAR.ID, SINJAI – Pembelajaran Tatap Muka (PTM)  di Kabupaten Sinjai yang rencananya akan digelar pada bulan Juli ini atau tahun ajaran baru 2021/2022 belum ada kepastian. 

Hal ini dikarenakan adanya surat edaran Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel yang meminta Bupati dan Walikota untuk kembali mengkaji rencana PTM mengingat Sulsel masih dalam zona kuning penyebaran Covid-19.

Belum lagi karena adanya peningkatan kurva penularan secara tajam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, baik di Pulau Jawa maupun DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) belum bisa memastikan pelaksanaan sekolah dengan sistem tatap muka karena masih melihat kurva penularan Covid-19 sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Kepala Disdik Sinjai A. Jefrianto Asapa saat ditemui,  Sabtu (03/7/21) mengatakan bahwa pihaknya akan mengkaji,  menganalisis dan menindaklanjuti kebijakan dari Pemerintah provinsi Sulsel.

Terkait tahun ajaran baru, menurutnya kondisi yang ada saat ini masih fluktuatif sehingga tetap masih memungkinkan untuk dilakukan PTM dengan terlebih dahulu tetap melakukan koordinasi dengan Satgas Covid Kabupaten Sinjai dengan melihat zona atau angka penularan Covid-19.

“Tetapi secara kewajiban,  Dinas Pendidikan setiap saat sudah siap melakukan PTM secara terbatas. Kami sudah melahirkan SOP (Standar Operasional Prosedur), mudah-mudahan dalam waktu dekat Satgas Covid sudah menelaah kemudian memberikan rekomendasi kepada kami,” tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa pelaksanaan PTM ini tergantung zona penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sinjai sehingga ia mengharapkan kerjasama kepada seluruh masyarakat untuk bersatu dalam menekan penyebaran Civid-19 agar PTM bisa dilakukan di tahun ajaran baru ini. 

Dinas Pendidikan, sambung Jefrianto,  tetap bertanggung jawab untuk menyiapkan segala sesuatunya yang sesuai dengan SOP yang telah dibuat dan pihaknya siap melakukan PTM secara terbatas di Sinjai 

“Pada prinsipnya kami sudah siap,  tapi semuanya sangat tergantung pada keputusan Satgas Covid Kabupaten Sinjai,  biar bagaimanapun kami tunduk instruksi Presiden bahwa Satgas Covid Kabupaten, Provinsi dan Nasional yang menentukan boleh tidaknya kegaiatan PTM bisa dilakukan, ” tambahnya. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...