Pasar Senggol Makassar Ditutup Sementara

Awal Nur
Awal Nur

Kamis, 08 Juli 2021 19:45

Penutupan Pasar Senggol Makasaar untuk sementara waktu, Kamis (8/7).
Penutupan Pasar Senggol Makasaar untuk sementara waktu, Kamis (8/7).

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Sejak terbitnya Surat Edaran Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkait  perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan di pusat perbelanjaan, maka segala aktivitas perdagangan hanya diizinkan beroperasi Sampai pukul 17.00 Wita. 

Aturan ini juga berlaku kepada sejumlah pedagang Pasar Senggol yang sudah dikenal masyarakat sebagai pasar malam. Yang harus dihentikan untuk sementara waktu terhitung mulai tanggal 6 hingga 20 Juli 2021.

Menyikapi Surat Edaran tersebut, Pihak Direksi PD Pasar langsung melakukan sosialisasi ke sejumlah pedagang dengan memberikan himbauan dengan mengedarkan surat Edaran tersebut sejak Rabu malam. Imbauan ini sempat mendapat reaksi dari para pedagang yang tidak terima dengan adanya aturan itu. 

“Bagaimana mungkin pak, kami ini buka jam 4 sore. Itu pun kami baru memasang rangka selesai jam 5 tiba-tiba harus diminta tutup kembali.” Keluh salah seorang perwakilan pedagang saat melakukan pertemuan dengan sejumlah Direksi PD Pasar di Kantor Unit Pasar Sambung Jawa. Kamis (08-07-2021).

Menanggapi keluhan para pedagang, Direktur Operasional PD Pasar, Saharuddin Ridwan mengatakan pihaknya hanya menjalankan perintah.

“Kami ini hanya menjalankan perintah, sesuai surat edaran tersebut. Kami hanya diberi ijin jam operasional hingga jam 5 sore. Dan kami tidak punya wewenang untuk mengubah kebijakan tersebut.” Ujarnya. 

Sementara, Direktur Umum PD Pasar, Nuryanto G. Liwang saat menghadapi perwakilan pedagang menyampaikan apa pun yang dikeluhkan para pedagang merupakan keluhan pihak PD Pasar juga. Akan tetapi keputusan tidak dapat di tawar tawar.

“Kami memang sudah berhadapan dengan para pedagang sejak kemarin. Yang datang silih berganti meminta dicarikan solusi. Tapi agak susah kami toleransi karena ini merupakan kebijakan dari pusat. Jadi satu satunya jalan adalah kita terima dulu kebijakan ini karena ini berlaku secara umum. Tidak ada tawar menawar.” Jelas Anto Liwang. 

Hal yang sama disampaikan Direktur Utama PD Pasar Basdir, SE mengatakan, Apa yang menjadi keinginan pedagang adalah juga keinginan pihak PD Pasar, namun karena ada kondisi seperti ini harus dimaklumi. 

“Berkaitan dengan keinginan pedagang itu juga menjadi keinginan kami, siapa sih yang tidak mau kalau pedagang harus bisa menjual kembali. tapi karena kondisi seperti ini maka harus kita maklumi dan harus dipatuhi. Kami berharap pedagang bisa menghargai itu, kita menunggu sajabagaimana kelanjutannya nanti.” Jelasnya. 

Sebagaimana diketahui, dalam pertemuan itu para pedagang berharap bisa diberi keleluasaan berdagang di pagi hari hingga sore untuk mengganti jadwal jualan mereka yang malam hari. Akan tetapi jajaran Direksi PD Pasar mengaku tak bisa mengambil keputusan sepihak tanpa ada persetujuan dari Pemkot Makasar. Sehingga apa yang menjadi aspirasi para pedagang nantinya akan disampaikan ke Wali Kota Makassar. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Camat Mariso, Arsyal K, Sekcam Mariso, Patahullah AP, Waka Polsek Mariso, AKP. Ramli, Danramil Mariso, Mayor Inv.Yulius S.Sos dan sejumlah tim Ketertiban PD Pasar serta Sat Pol PP Kecamatan Mariso. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...