Pembangunan Jalan Desa Turungan Baji–Terasa dari Dana Aspirasi AIA Sudah Capai Sekitar 70 Persen

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 14 Oktober 2021 16:58

Tampak pembangunan jalan penghubung Desa Turungan Baji - Terasa. (dok: Sym/trotoar)
Tampak pembangunan jalan penghubung Desa Turungan Baji - Terasa. (dok: Sym/trotoar)

SINJAI – Desa Turungan Baji dan Desa Terasa merupakan perkampungan terpencil, berada di pelosok negeri ini. Jaraknya dari Kabupaten Sinjai kurang lebih 80 Km atau sekitar 132 Km dari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Letak geografis desa ini berbatasan dengan Desa Tompo Bulu (di Utara), Desa Bonto Salama (di Selatan), Kabupaten Bone (di Barat), dan Kecamatan Sinjai Tengah (di Timur).

Tak sedikit masyarakat bermukim di desa itu. Secara ekonomi, mereka mengandalkan hasil-hasil pertanian dan peternakan.  Sumber daya di sektor pertanian bisa dibilang cukup melimpah bila dikelola secara maksimal, begitupun dengan hasil peternakannya.

Secara pelan-pelan dan sangat terbatas narasi ini mencoba membuka apa yang menjadi faktor utama masalah di dua desa itu. Dari hasil pengamatan di lapangan, problematika utamanya terletak pada tidak meratanya pembangunan infrastruktur.

Bahwa akses jalan menjadi faktor penting percepatan ekonomi untuk memudahkan akses pasar, sebab di desa itu banyak hasil bumi yang mestinya terjual dengan harga mahal tetapi akibat dari keterbatasan akses pasar membuat harga hasil bumi stagnan.

Pembangunan Jalan

Pada Desember 2020 lalu, Trotoar.id memberitakan jalan rusak ini yang saat itu disebut-sebut mirip “jalanan kerbau” yang tak henti-hentinya jadi keluhan masyarakat.

Kabar tersebut disambut oleh salah satu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan (DPRD Sulsel) Andi Muchtar Mappatoba. 

Politisi Partai Gerindra itu menyebut bahwa jalan ini mestinya mendapat peningkatan. Sebagai Anggota Dewan, Andi Muchtar mengatakan bahwa seandainya ia mempunyai dana aspirasi maka dirinya akan memberikan untuk pembangunan jalan tersebut.

Tak lama setelah itu, muncul kabar bahwa akan ada dana aspirasi dari salah seorang Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra yang akan turun dengan jumlah sekian ratus juta untuk pembangunan jalan tersebut.

Dana aspirasi itu ternyata berasal dari Ketua Partai Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras atau yang akrab disapa AIA yang tak lain adalah rekan separtai Andi Muchtar Mappatoba.

Hingga saat ini, jalan penghubung antara Desa Terasa dengan Desa Turungan Baji itu dalam proses pengerjaan dengan progres sekitar 70 persen.

Sebagai masyarakat kecil yang tak mengerti banyak hal tentang regulasi dan seluk beluk politik anggaran tentu lah merasa sangat berterima kasih kepada si pemberi anggaran pembangunan ini.

“Kami berterima kasih kepada Pak AIA dan Pak Muchtar, atas bantuannya ini. Kami harap pembangunan ini dipantau terus hingga selesai,” tutur salah seorang warga Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Syamsul, Kamis (14/10).

Syamsul yang juga seorang penggerak pemuda di desa itu berharap kedepannya ada lagi peningkatan, “Ini baru pelebaran kurang lebih 5 km dan belum rabat beton, tidak cukup anggaran,” tuturnya.

Andi Muchtar berharap dukungan masyarakat agar proyek tersebut dapat selesai tepat waktu dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Bantuan ini tidak terlepas dari komitmen Partai Gerindra untuk memperjuangkan pemerataan pembangunan. Kita berharap pula terjadinya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Desa Terasa dan Turungan Baji serta desa-desa sekitarnya,” terangnya. 

Penulis : Alam


 Komentar