Setalah Begitu Lama Warga Lewat Jalur Sungai, Pemprov Sulsel Akhirnya Bangun Jembatan Walemping Soppeng

Fadli
Fadli

Jumat, 19 November 2021 21:46

Gedung Kantor Gubernur Sulsel, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, usai digeledah Tim KPK, Rabu (3/3). | Al/trotoar.id
Gedung Kantor Gubernur Sulsel, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, usai digeledah Tim KPK, Rabu (3/3). | Al/trotoar.id

trotoar.id, Soppeng – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) tengah mengerjakan pembangunan jembatan Sungai Walemping di Kabupaten Soppeng. Jembatan ini merupakan infrastruktur baru yang dibangun.

Sebelum adanya pembangunan jembatan ini, masyarakat yang melintas harus melewati lintasan basah pada jalur sungai yang sangat mengancam keselamatan pengguna jalan.

Hadirnya jembatan ini, akan mendukung akses pada ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo. Ruas jalan provinsi ini menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng. Ruas jalan itu pun juga baru saja diresmikan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, pada Agustus lalu.

Direncanakan, jembatan ini dengan konstruksi rangka baja dengan panjang 50 meter dan lebar 7 meter. Pembangunan jembatan dengan senilai Rp 5,19 miliar ini direncanakan selesai dan siap digunakan pada akhir Desember 2021.

“Alhamdulillah, saat ini sedang progres pembangunan jembatan Sungai Walemping di Soppeng. Ini jembatan baru, sebelum adanya jembatan ini jika melintas akan melewati jalur sungai yang sangat rawan mengancam keselamatan pengguna  jalan,” kata Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jum’at (19/11/2021).

Menurutnya, hadirnya jembatan ini akan mendukung ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo. “Ini akan mempersingkat jarak tempuh sekitar 32 km dari Barru ke Soppeng, daripada melewati jalur Pekkae – Takkalala (Bulu Dua),” jelasnya.

Diharapkan, dengan hadirnya jembatan ini, kata dia, memudahkan akses distribusi sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. [Alam]


 Komentar