Daerah

Ketua Sapma PP Sulsel Nilai Pernyataan Gubernur ASS soal Warga Rampi ‘Candaan Kelewatan’: Harus Minta Maaf!

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Jumat, 13 Mei 2022 15:43

Ketua Sapma PP Sulsel, Hasrul Kaharuddin.
Ketua Sapma PP Sulsel, Hasrul Kaharuddin.

Makassar, trotoar.id – Ketua Sapma PP Sulawesi Selatan (Sulsel), Hasrul Kaharuddin mengecam pernyataan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Sebelumnya, Warga Rampi di Kabupaten Luwu Utara mengeluarkan pernyataan ‘akan keluar dari Provinsi Sulawesi Selatan dan bergabung ke Poso, Sulawesi Tengah’.

Hal itu buntut dari kekecewaan warga Rampi yang telah lama menanti perbaikan jalan atas janji pemerintah daerah yang belum juga ditunaikan sampai hari ini.

Namun kemudian, Gubernur ASS menanggapi wacana yang dikeluarkan oleh warga Rampi dengan lelucon.

“Katanya ada yang mau keluar dari Sulawesi Selatan ini, kenapa tidak sekalian keluar dari Indonesia,” kata Andi Sudirman, saat menghadiri HUT ke-19 Luwu Timur, Kamis (12/5/2022).

Andi Sudirman kemudian menjelaskan, pembangunan di setiap daerah perlu melihat skala prioritas. 

Pembangunan akan didahulukan di lokasi-lokasi strategis dan penting untuk segera dibangun.

“Cari yang strategis yang mana harus dibangun dan penting untuk dibangun. Karena kalau mau dibangun semua tidak mungkin, (jalan dari Rampi ke Masamba Lutra) 80 kilo kali 6 (lebar jalan), Rp 480 miliar,” sebut Andi Sudirman.


Dia mengatakan Pemprov Sulsel bukan tidak ingin membangunkan jalan yang layak untuk masyarakat. Pembangunan tetap dilakukan, namun secara bertahap.

“Kita bukan tidak membangun, tidak. Kenapa, panjangnya kita tentu bertahap. Kemampuan keuangan wilayah kita itu tidak sekuat yang kita pikirkan,” ujarnya.

Tak lama setelah itu, muncul klarifikasi dari Pemprov Sulsel melalui Kabid humasnya dengan mengatakan bahwa pernyataan Gubernur Sulsel hanyalah candaan saja.

Dia mengatakan bahwa pernyataan Andi Sudirman yang dipotong dalam bentuk video itu sepenggal-sepenggal dan tidak utuh.

“Tidak seperti itu konteksnya. Hanya bercanda dan dalam rekaman utuh kemudian Pak Gub meminta kepada Indah bupati Lutra  berapa anggarannya karena Provinsi bisa memberikan bantuan keuangan,” ujar Sultan Rakib, Jumat (13/5/2022).

Atmosfer atau suasana ruangan paripurna DPRD Lutim saat penyampaian itu riang gembira. Tidak ada sama sekali maksud yang tersirat sebagaimana yang viral.

Jadi, sekali lagi, Sultan mengatakan, secara konteks tidak relevan bahwa gubernur menyampaikan hal tersebut secara serius. “Justru Pak Gub siap membantu melalui bantuan keuangan. Karena ini (jalan) bukan tanggung jawab atau kewenangan pemprov tapi ini kabupaten. Tapi bapak gub siap bantu melalui bantuan keuangan,” jelasnya.

Berbeda dengan pendapat Ketua Sapma PP Sulsel yang mengatakan bahwa apa yang dilontarkan oleh ASS bukanlah candaan yang enak ditertawakan.

“Pasalnya, pernyataan itu berkaitan dengan kelompok masyarakat sehingga kesannya justru membuat ketersinggungan, sehingga tidak sepatutnya seorang Gubernur Sulsel mengeluarkan pernyataan demikian,” kata pria yang akrab disapa Bung Arul itu, Jumat (13/5).

Menurut Arul, Gubernur harus minta maaf secara terbuka kepada warga Rampi demi menetralisir situasi dan ketersinggungan.

“Karena kami anggap pernyataan itu kelewatan, sekalipun itu candaan. Tetapi tidak etis lah memberikan jawaban candaan atas kekecewaan warga,” ujarnya. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
News27 Mei 2022 18:40
Lantik 50 Kepala Desa Andi Seto Ingatkan Amanah Rakyat
Trotoar.id, Sinjai – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak 50 kepala desa terpilih hasil. Pilkades serentak 1...
Metro27 Mei 2022 17:32
Naoemi Octarina Minta Guru PAI Ajarkan Anak Tentang Tauhid Sejak Dini
Trotoar.id, Makassar - Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, meminta agar guru Pendidikan Agama Islam (PAI) bisa mengajarkan anak-anak tent...
News27 Mei 2022 17:29
Andi Agung Mappiwali Dikukuhkan sebagai Ketua Adat Karaeng Langnge-Langnge
Trotoar.id, Bulukumba,- Mantan Camat Herlang Andi Agung Karaeng Mappiwali, resmi menjadi Ketua Lembaga Adat Langnge-Langnge yang diikuti dengan pelant...
News27 Mei 2022 17:27
Hadiri Pelantikan APTISI, Danny Harap Kampus Swasta Lebih Berkualitas
Trotoar.id, MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menghadiri pelantikan dan rapat kerja Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta ...