Pemprov Sulsel

TP PKK Sulsel Dorong Keluarga Maksimalkan Pekarangan dengan Tanam Pisang dan Cabai

Fadli
Fadli

Jumat, 17 November 2023 13:01

TP PKK Sulsel Dorong Keluarga Maksimalkan Pekarangan dengan Tanam Pisang dan Cabai

Trotoar.id, Makassar – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sulsel bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulsel melakukan Bimbingan Teknis Optimalisasi Pekarangan Keluarga dengan menanam pisang dan cabai, di Makassar, Kamis, 16 November 2023.

Tim Ahli PKK, Kasmawaty Paturusi, mengatakan, penguatan ekonomi masyarakat merupakan salah satu isu utama yang dikawal PKK. Hal ini dikarenakan aspek ekonomi menjadi aspek yang krusial dalam menunjang kehidupan masyarakat.

Untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga, TP PKK Sulsel mendorong pemanfaatan potensi sumber daya keluarga dalam rangka pemenuhan pangan keluarga dan menyejahterahkan masyarakat secara umum.

“Tim Penggerak PKK Sulsel dalam mencapai misi tersebut dengan menghadirkan berbagai kegiatan dan salah satu kegiatan tersebut bimbingan teknis optimalisasi lahan pekarangan pisang dan cabai,” kata Kasmawaty, mewakili Pj Ketua TP PKK Sulsel.

Dirinya menjelaskan, pemilihan tanaman cabai karena menjadi komoditi yang sering menyumbang inflasi. Pada waktu dan kondisi tertentu harganya dapat meningkat. Meskipun bukan merupakan makanan pokok, tapi cabai menjadi salah satu pelengkap yang harus ada.

Adapun komoditas pisang adalah komoditi yang tergolong dalam komoditi hortikultura. Namun dapat dikonsumsi untuk menggantikan makanan pokok yaitu nasi dengan kandungan gizi yang cukup baik.

“Selain itu jika diolah dengan baik, pisang akan menjadi nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan untuk pendapatan keluarga,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulsel, Muh Saleh, menyambut baik upaya TP PKK Sulsel menggerakkan ibu-ibu di desa untuk memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong yang ada.

“Kita juga sedih kalau orang di desa masih membeli cabai. Kenapa kita tidak optimalkan lahan kita untuk menanam pohon produktif seperti cabai, tomat, sayuran dan lainnya,” kata Saleh.

Saleh menyebut, kondisi tanah dan iklim di seluruh wilayah Sulsel sangat cocok untuk ditanami cabai dan pisang.

“Apalagi tanah yang ada di desa-desa itu lebih subur. Jadi kader-kader PKK kita ini bisa menjadi penggerak untuk menyampaikan kepada masyarakat di desa bisa produktif, dan membantu ekonomi keluarga,” pungkasnya. (*)

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....