Pilgub Sulsel

Lima Figur Calon Gubernur Sulsel 2024, Siapa Yang Akan Jadi Kuda Hitam?

Fadli
Fadli

Sabtu, 22 Juni 2024 16:19

Lima Figur Calon Gubernur Sulsel 2024, Siapa Yang Akan Jadi Kuda Hitam?

Trotoar.id, Makassar,  – Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan digelar pada 27 November 2024 semakin mendekat.

Hingga memunculkan lima figurbyajg dianggap cukup kuat dan memiliki basis dukungan di beberapa daerah, diantaranya Andi Iwan Darmawan Aras, Danny Pomanto, Ilham Arief Sirajuddin, Adnan Purichta Ichsan, dan Sudirman Sulaiman. 

Masing-masing figur calon gubernur tersebut memiliki latar belakang dan basis dukungan yang beragam, membuat persaingan menuju Pilgub Sulsel semakin menarik. 

Dari lima nama tokoh politik di Sulsel, siapa yang akan menjadi kuda hitam ? 

1 Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) yang merupakan anggota DPR RI dan Ketua Partai Gerindra Sulawesi Selatan, dia dikenal, dikenal sosok politisi yang juga pengusaha, dan telah membuktikan kinerjanya sejak menjadi Wakil Rakyat di DPR RI  

AIA juga dikenal memiliki basis dukungan yang kuat di kalangan masyarakat, di Beberapa daerah di Sulsel Khusus di Daerah Pemilihan Sulsel II yang menjadi daerah pemilihannya di pemilu.

Sehingga Publik menganggap jika AIA merupakan figur yang akan dapat membawa perubahan dan kelanjutan pembangunan di Sulsel khususnya pembangunan, Ekonomi, Sosial, Pendidikan serta mamba program program yang cukup  signifikan dalam kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan.

 2. Danny Pomanto, dia merupakan Sosok Politisi yang saat ini menjabat sebagai Walikota Makassar untuk periode keduanya,dalam proses kepemimpinannya di kota Makassar.

Danny Pomanto telah Berhasil merubah wujud Makassar sebagai salah salah satu kota di tanah Air dengan keberhasilan dalam pembangunan perkotaan dan reformasi birokrasi. 

Dengan visinya untuk menjadikan Sulsel sebagai pusat ekonomi yang maju, Danny  menarik perhatian kalangan bisnis dan masyarakat urban.

Popularitasnya di Makassar bisa menjadi modal besar dalam pilgub mendatang.

3. Ilham Arief Sirajuddin (IAS) Mantan Wali Kota Makassar, dua periode, Ilham Arief Sirajuddin, kembali mencalonkan diri dengan membawa pengalaman panjang di pemerintahan dan pembangunan infrastruktur. 

IAS memiliki jaringan yang cukup luas dan loyalitas pendukung yang masih solid, terutama di kalangan masyarakat perkotaan dan elite politik lokal.

4. Adnan Purichta Ichsan

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dikenal dengan pendekatan inovatifnya dalam pemerintahan daerah.

Program-program yang berhasil diterapkan di Gowa, seperti reformasi pendidikan dan kesehatan, telah meningkatkan popularitasnya di kalangan pemilih muda dan progresif. 

Adnan dianggap sebagai calon yang memiliki visi jangka panjang untuk kemajuan Sulsel.

5. Sudirman Sulaiman, Mantan Gubernur Sulsel yang menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat dalam Kasus Tipikor di KPK, dianggap bisa melanjutkan kepemimpinannya sebagai Gubernur PAW 

Dukungan dari jaringan yang dimilikinya DNA Kakanaya Yang menjabat saat ini sebagai menteri pertanian Sudirman Sulaiman juga dianggap mampu memposisikan posisikan dirinya sebagai salah satu calon gubernur yang memiliki pengaruh 

Potensi Kuda Hitam

Di antara kelima calon, Andi Iwan Darmawan Aras, Adnan Purichta Ichsan dan ILham Arief Sirajuddin disebut-sebut sebagai kuda hitam dalam kontestasi Pilgub mendatang 

Adnan dengan inovasi pemerintahan daerahnya dan Andi Iwan Darmawan Aras   dukungan kuat dari partai politik memiliki potensi untuk mengejutkan para pesaing mereka dengan strategi kampanye yang efektif dan basis dukungan yang solid.

Siapa yang Unggul?

Menentukan siapa yang unggul dalam pilgub mendatang bukanlah tugas mudah, mengingat dinamika politik yang selalu berubah.

Namun, dengan melihat tren saat ini, Andi Iwan Darmawan Aras dan Danny Pomanto tampak memiliki keunggulan dari segi popularitas dan program yang ditawarkan kepada masyarakat.

Ilham Arief Sirajuddin tetap kuat dengan basis dukungan lama, sementara Adnan dan Sudirman berpotensi mengguncang peta politik sebagai kuda hitam.

Dengan berbagai faktor yang mempengaruhi, pemilihan Gubernur Sulsel 2024 menjanjikan persaingan ketat dan penuh kejutan.

Masyarakat Sulsel diharapkan dapat memilih pemimpin yang terbaik untuk membawa provinsi ini menuju masa depan yang lebih baik.

Penulis : Addy

 Komentar

Berita Terbaru
Metro12 Juli 2024 17:37
Danny Pomanto Dukung Wartawan Sulsel Ikuti Porwanas XIV di Banjarmasin
Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto, memberikan dukungan penuh kepada pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan untuk ...
Metro12 Juli 2024 17:28
Diskop dan UMKM Makassar Tingkatkan Peran Inkubator untuk Perkuat Ekonomi
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar berkomitmen mendukung program strategis Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, melalui Gerakan Perkuatan Imun...
Metro12 Juli 2024 16:33
Program Seragam Gratis Masih Ditunggu Orang Tua Murid di Bantaeng
Program seragam gratis di Kabupaten Bantaeng masih sangat diharapkan oleh masyarakat. ...
Metro12 Juli 2024 16:28
Danny Pomanto Siapkan Starlink untuk Perbaiki Jaringan Internet di Pulau
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, berencana mengubah kawasan Kayu Bangkoa menjadi lebih modern dengan memasang jaringan internet satelit Starli...