BNN Tangkap Bandar Sabu-Sabu Asal Sidrap Beserta Aset Miliaran Rupiah

0
123

TROTOAR.ID, MAKASSAR — Badan Nasional Narkotika (BNN) mengamankan dua orang yang selama ini menjadi bandar narkoba jaringan internasional di kabupaten Sidrap Kamis, 18 Juli 2019.

Kedua orang yang diamankan BNN tersebut yakni Agus Sulo dan Syukur. Penangkapan dua orang tersebut merupakan hasil pengembangan yang dilakukan BNN dari tersangka lainnya Fachri Rahman Jafar alias Tyson warga Sidrap di Kalimantan Utara pada 20 September 2018 lalu.

Dari tangan pelaku, BNN mengamankan sejumlah aset yang diduga dari hasil transaksi narkoba yang bernilai miliaran rupiah, termasuk mengamankan sejumlah mobil mewah salah satunya Ferrari

“Ini pengembangan dari tersangka Fachri Rajman, yang diamankan sebelumnya di Kalimantan Utara,  yang merupakan jaringan daribAgus Sulo,” Kata Direktur TPPU BNN RI Brigjen Pol Bahagia Dachi.

Baca Juga  Bertemu Jokowi, Prabowo: Saatnya Kita Kawal Indonesia

Dari bisnis narkoba yang didalami oleh Agus Sulo, BNN menemukan aliran dana dari bisnis haram tersebut sebesar Rp16 miliar. 

Lanjut dia kasus tersebut terungkap setelah salah seorang bandar narkoba yang berada di Kaltara di vonis 8 bulan penjara, yang membuat kecurigaan yang akhirnya dilakukan penyelidikan bersama dengan penyediaan jasa keuangan, Bank, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), OJK dan menemukan aliran dana tersebut ke Agus Sulo yang juga warga Kabupaten sidrap. 

Baca Juga  Puluhan Kepala Desa Asal Enrekang Curhat Ke Mitra F MB

“Kita curiga dengan vonis 8 bulan yang dijatuhkan kepada Fachri Rahman, yang di vonis 8 bulan, yang akhirnya ditelusuri dan mengarah pada Agus Sulo dan Syukur,” Tambahnya di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka, Jalan Batara Bira Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Kamis (18/7).

Dalam keterangan aset yang disita dari Agus Sulo berjumlah Rp 16 miliar tersebut, termasuk diantaranya satu bidang tanah dan bangunan seluas 165 meter persegi dengan harga Rp 2 M, 1 Bidang sawah seluas 13.273 meter persegi dengan nilai Rp 600 juta,  1 Bidang sawah seluas 17.200 meter persegi dengan nilai Rp 800 juta, 1 Bidang sawah seluas 11.820 meter persegi dengan nilai Rp 500 juta,b1 bidang tanah dan bangunan senilai Rp 1 M

Baca Juga  Ini Sosok Abu Rara Penikam Wiranto

Selain itu BNN juga mengamankan,  1 Unit Mobil Mini Cooper 2017, 1 Unit Mobil Lexus NX300H AT Hybrid, 1 Unit Honda Civic, 1 Unit Honda HRV, 2 Unit pemotong padi senilai Rp 500 juta, serta uang tunai Rp2,041 miliar. 

“Semua yang kami sita ini merupakan hasil dari Pencucian yang dari transaksi narkoba yang dilakukan oleh Agus Sulo dan jaringannya dan ini kita ungkap selama dua Minggu tidak cukup sebulan,  dan semua barang yang kami sita berasal dari sidrap,”Tambahnya