Polda Sulsel Beberkan Kronologi Penangkapan Belasan Orang di Pulau Kodingareng

Makassar,Trotoar.id- Pasca Polairud Polda Sulsel menahan 12 orang usai menggelar aksi unjuk rasa menolak aktifitas penambangan pasir laut PT Boskalis di Pulau Kodingareng, Sabtu (12/9).


Polda Sulsel lewat Kabid Humasnya, Kombes Pol Ibrahim Tompo angkat bicara serta membeberkan kronologi terkait peristiwa tersebut.


Dimana awalnya kapal pengeruk pasir laut Queen of Netherland bertolak dari dermaga Makassar New Port menuju titik lokasi Query di Taka Copong, Takalar pukul 06.00 Wita sampai 07.00 Wita.


Tak berselang lama, sekitar pukul 09.00 beberapa kapal nelayan dan walhi mendatangi kapal tersebut dan meminta untuk menghentikan kegiatan dengan melempari batu dan bom molotov ke atas dek kapal.


Alhasil kejadian tersebut menimbulkan kebakaran di beberapa titik, ditambah lagi kabel listrik peneumatic ikut dipotong, sehingga kapal tidak bisa melakukan pengerukan di satu sisi.


Mendengar kejadian tersebut, lanjut Ibrahim mengatakan Tim Tactical Boat dan tim intel yang mendapatkan informasi dari pihak kapal Queen of netherlands langsung menuju kelokasi.


“Pihak kapal Queen of Netherland menginformasikan bahwa kapal Queen didekati¬†oleh sekitar kurang lebih 20 katinting dan 3 perahu jolloro, “ujar Kabid Humas Polda Sulsel dalam rilisnya.


Tim Intel menemui para demonstran yang sedang melakukan pengejaran terhadap kapal Queen of netherlands, sehingga tim intel mengamankan beberapa orang yang diduga menjadi provokator dari aksi demonstrasi anarkis tersebut.


“Kapal jolloro dan katinting tersebut langsung melakukan tindakan anarkis terhadap kapal Queen yaitu dengan melemparkan bom molotov dan merusak bagian kapal yakni kabel peneumatic listrik dan beberapa kabel lain yang tersambung ke drag head,”tambahnya.


Dari data yang dihimpun Trotoar.id, diketahui identitas ke 12 orang yang ditahan pasca Aksi anarkis tersebut antara lain;

1.Rahmat,
2.hendra, ketua Lembaga Pers Mahasiswa
3.Mansyur, Jurnalis Barrupos.id.
4.REYHAN, jurnalis foto di LPM UPPM UMI
5.NAWIRUDDIN, nelayan kodingareng.
6.ANSAR, nelayan kodingareng.
7.ANDI, nelayan kodingareng.
8.IRWAN, nelayan kodingareng.
9.RIJAL, nelayan kodingareng.
10.Nasar, nelayan kodingareng.
11.DG. TAKIM,nelayan kodingareng.
12.Muh. mansurulloh, KARYAWAN MARKOBAR. (Alam/*)

Leave a Reply