BPBL Ambon Buka Peluang Latih Nelayan Bantaeng

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Selasa, 30 Maret 2021 16:45

BPBL Ambon Buka Peluang Latih Nelayan Bantaeng

TROTOAR. ID, AMBON — Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin melakukan kunjungan kerja di Ambon, Maluku, Senin, 30 Maret 2021.

Kunjungan kerja ini yang diawali proses protokol kesehatan yang ketat ini difokuskan untuk peningkatan produksi kelautan masyarakat Bantaeng.

Kunjungan kerja diawali dari kantor Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon. Di sini, Ilham Azikin beserta sejumlah rombongan dari dinas Kelautan dan Perikanan Bantaeng melihat proses budidaya ikan laut dan pembenihan rumput laut.

Di tempat ini, pembenihan rumput laut dilakukan dengan proses kultur jaringan. Sehingga, benih rumput laut yang diproduksi adalah benih generasi nol (G-0) yang tahan terhadap hama dan memiliki kualitas yang baik.

Kepala BPBL Ambon, Nur Muflich Yuniyanto mengatakan, BPBL Ambon membutuhkan waktu sekitar 11 bulan untuk memproduksi benih rumput laut berkualitas. Dia mengaku siap untuk membantu Pemkab Bantaeng untuk mengembalikan kejayaan rumput laut Bantaeng.

Dia menyebut, ada beberapa metode untuk mengembalikan kejayaan rumput laut Bantaeng. Salah satunya adalah mengambil sampel rumput laut lokal untuk dikembangkan melalui kultur jaringan.

“Karena ternyata setiap rumput laut memiliki habitat yang berbeda-beda. Misalnya, rumput laut lokal Bantaeng belum tentu bisa berproduksi subur di perairan Makassar,” jelas dia.

Dia menambahkan, BPBL Ambon jug memberikan peluang kepada Pemkab Banteng untuk dilatih budidaya laut. Mulai dari budisaya lobster, ikan Bobaea hingga kakap putih.

“Kami terbuka kepada Pemkab Bantaeng untuk memberikan edukasi kepada nelayan di Bantaeng,” kata dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, masukan informasi terkait pengembangan produksi kelautan ini adalah langkah awal untuk menjajaki kerja sama dengan BPBL Ambon. Dia berharap, pertemuan ini bisa berlanjut dan memberikan kebaikan untuk nelayan yang ada di Bantaeng.

Dia menambahkan, Bantaeng sendiri memiliki bentangan laut sepanjang 21 kilometer. Aktivitas ekonomi di pesisir Bantaeng sendiri didominasi oleh pertanian rumput laut. Oleh karena itu, keberadaan kultur jaringan BPBL Ambon akan dapat membantu mengembalikan kejayaan petani rumput laut di Bantaeng.

“Bibit berkualitas dari BPBL ini akan dapat meningkatkan produksi nelayan rumput laut di Bantaeng,” jelas dia.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini juga berharap nelayan di Bantaeng dapat menimba ilmu di BPBL Bantaeng ini. Selain membantu meregenerasi bibit rumput laut lokal Bantaeng, nelayan Bantaeng juga bisa belajar membudidaya rumput laut dengan benar.

“Kita berharap bantuan BPBL untuk ikut mendorong peningkatan ekonomi nelayan,” jelas dia.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bantaeng, Rita Pasha mengatakan, bertahun-tahun sebelumnya, BPBL pernah membantu Bantaeng untuk meningkatkan produksi rumput laut lokal dengan mengirim benih rumput laut generasi nol. Hanya saja, seiring perkembangan waktu benih rumput laut itu perlu kembali diregenerasi.

“Saat itu, bibitnya memang bagus, tahan hama dan kualitasnya bagus. Kami ingin bibit ini kembali diregenasi untuk memperbaiki kualitas,” jelas dia.

Potensi Ikan Hias

BPBL Ambon juga menawarkan bantuan pengembangan potensi ikan hias di Bantaeng. Saat ini, BPBL Ambon tengah mengembangkan benih ikan hias Nemo dengan 55 varian jenis silangan.

Kepala BPBL Ambon, Nur Muflich Yuniyanto mengatakan, ikan-ikan itu adalah silangan dengan kualifikasi ekspor. Dengan ini, maka nelayan di Bantaeng bisa menambah pendapatan ekonomi mereka.

”Kami terus melakukan pembenihan untuk ikan Nemo kualitas ekspor. Saat ini, kita ekspor melalui Jakarta denga tjjuan USA, Eropa dan Hongkong,” jelas dia.

Selain ikan hias, BPBL jga menawarkan pengembangan ikan Bebora dan Lobster. Dia menyebut, kondisi iklim di Bantaeng sangat memungkinkan untuk budidaya tersebut.

“Budidaya seperti ini tentu bisa membawa peluang ekonomi untuk nelayan Bantaeng,” jelas dia.(*)

Penulis : Eka

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...