South Sulawesi Digifest 2021, Danny Paparkan Smart City sebagai Transformasi Digital

Suriadi
Suriadi

Jumat, 09 April 2021 23:10

South Sulawesi Digifest 2021, Danny Paparkan Smart City sebagai Transformasi Digital

TROTOAR.id – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto tampil sebagai pembicara pada kegiatan Makassar kolaborasi pentahelix dalam akselerasi ekonomi dan keuangan digital Sulawesi Selatan.

Talkshow ini merupakan rangkaian acara South Sulawesi Digital Festival 2021 yang digelar Bank Indonesia di Upper Hills, Jalan Metro Tanjung Bunga, Jumat (9/4/2021) 

Dengan Tema “Accelerating The Post Covid Economic Recovery Through Digital Transformation In Eastern Indonesia.” 

Dihadapan peserta talk show Danny menjelaskan pemerintah kota Makassar sudah sejak lama telah menerapkan transformasi digital dalam meningkatkan  

pelayanan kepada Masyarakat.

“Sejak tahun 2014 pemerintah kota telah melakukan kebijakan transformasi digital dari cara konvensional menjadi digitalisasi melalui program Smart City,” ucap Danny.

Dalam menjalankan program Smart City kata Danny, dirinya menjalankan konsep yang berbeda, yaitu dengan melihat kultur orang Makassar yang sombere.

“Dalam menjalankan program Smart City kita kombinasikan dengan kultur orang Makassar dengan konsep Sombere city, agar dalam menjalankan program, warga kita tidak merasa asing dengan istilah sombere, sehingga Transformer digitalini gampang dijalankan,” jelas Danny.

Kata Danny hal tersebut bisa dijadikan perbandingan kebijakan sejak tahun 2016, banyak hal yang menjadi progres hasil dari smart city.

“Dulu waktu masih konvensional belum ada smart city dari analisis kita, PAD kota Makassar hanya sebesar 500 miliar, setelah kita terapkan transformasi digital dengan Smart City PAD meningkat menjadi 1,4 triliun, semua diukur mulai dari indeks perkotaan dan indeks ekonomi,” terang Danny.

Sementara itu Prof H. Marsuki Komisaris Independen Bank Sulselbar yang juga tampil sebagai salah satu narasumber, berharap masyarakat terus didorong untuk melakukan pembayaran secara digitalisasi.

Di Sulsel hampir 90 persen digitalisasi jadi alat otoritas dan kita harap pemerintah berkolaborasi dalam pentahelix untuk mendorong masyarakat kita khususnya kelas ekonomi melakukan transaksi secara digital,”ucap Marzuki.

Diakhir acara talkshow di deklarasikan komitmen kolaborasi Pentahelix dalam akselerasi ekonomi keuangan digital Sulsel., serta penyerahan cinderamata berupa Merchandise dari Bank Indonesia. (Al/Alt).

 Komentar

Berita Terbaru
Terbaring 2 Tahun, Danny Perintahkan Rosmiati Di Rujuk ke RS
Metro06 Mei 2021 00:03
Terbaring 2 Tahun, Danny Perintahkan Rosmiati Di Rujuk ke RS
TROTOAR.ID, MAKASSAR, — Warga kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo, Rosmiati ditemukan tidak berdaya di rumahnya di jalan Rappokalling timur RW 01...
Penetapan Rencana Kerja (Renja) Danny Harap Konsistensi Pelaksana
Metro06 Mei 2021 00:01
Penetapan Rencana Kerja (Renja) Danny Harap Konsistensi Pelaksana
TROTOAR.ID, MAKASSAR, — Penetapan Rencana Kerja (Renja) DPRD Kota Makassar tahun anggaran 2022 yang ditetapkan oleh Ketua DPRD diharapkan berjalan k...
Pemudik Dipastikan Tak Bisa Melintas di Bantaeng
Daerah05 Mei 2021 23:57
Pemudik Dipastikan Tak Bisa Melintas di Bantaeng
TROTOAR.ID, BANTAENG -- Pemerintah Kabupaten Bantaeng bersama unsur Forkopimda akan memperketat pengawasan di dua titik penyekatan untuk menghalau pem...
4.327 Personil Gabungan Akan Tahan Pemudik di Sulsel
News05 Mei 2021 21:47
4.327 Personil Gabungan Akan Tahan Pemudik di Sulsel
TROTOAR.id, Makassar – Mengenakan seragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman...