Di Harkitnas, Bupati ASA: Kuatkan Semangat Gotong Royong

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Kamis, 20 Mei 2021 15:29

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa.
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa.

TROTOAR.id, SINJAI – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tahun ini, Harkitnas yang ke-113 jatuh pada hari ini, Kamis (20/5/2021). 

Harkitnas ke-113 kali ini mengangkat tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”. Di momen ini, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengucapkan selamat Hari Kebangkitan Nasional.

Dia mengatakan, sesuai dengan tema Harkitnas sebagai pengingat bahwa Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Karena menurut ASA, bangsa yang tangguh tentu saja bisa menghadapi semua persoalan dan tantangan yang ada.

“Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong untuk mempercepat pulihnya bangsa dari pandemi Covid-19,” ujar ASA.

Hari Kebangkitan Nasional, kata dia, juga mengingatkan kita kepada semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan mana pun.

Sekedar diketahui, sejarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional, dimulai pada 20 Mei 1948, dimana Presiden Soekarno menetapkan tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional.  

Tanggal 20 Mei diperingati sebagai Harkitnas berdasarkan tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.  

Adapun tujuan penetapan Harkitnas adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memperkuat kepribadian bangsa, mempertebal rasa harga diri dan kebanggaan nasional, dan mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan nasional. (Ihsan/Iccang) 

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga13 Juni 2021 01:40
40 Menit Babak Pertama Denmark Vs Finlandia, Christian Eriksen Jatuh Tak Sadarkan Diri, Pertandingan Ditangguhkan
TROTOAR.id—Laga Denmark melawan Finlandia mendadak menjadi hening saat laga berjalan 40 menit babak pertama, Minggu, (13/6/2021) 00.00 WITA. Pasalny...
News13 Juni 2021 01:37
Christian Eriksen Pinsang, Laga Denmark vs Finlandia Ditunda
Trotoar.id -- Laga tanding Grup B Piala Euro antara Denmark vs Finlandia harus terhenti, dikarenakan gelandang Denmark Christian Eriksen jatuh pingsan...
News12 Juni 2021 23:38
OKP dan DPK Tegaskan Tidak Ada Dulisme Kepemimpinan di KNPI Makassar
Trotoar.idMakasar -- Puluhan Ketua Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) yang berhimpun di DPD KNPI Kota Makassar,...