Soal Izin Tambang, DLHK Sinjai: Sejak Terbitnya UU Cipta Kerja, Itu Menjadi Kewenangan Pemerintah Pusat

Fadli
Fadli

Selasa, 07 September 2021 14:10

(Ilustrasi) / Kondisi tambang terbuka di Grasberg milik PT Freeport Indonesia, Papua, beberapa waktu lalu. FOTO: Antara
(Ilustrasi) / Kondisi tambang terbuka di Grasberg milik PT Freeport Indonesia, Papua, beberapa waktu lalu. FOTO: Antara

SINJAI – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai mengungkapkan pasca terbitnya undang-undang cipta kerja, terkait dengan perizinan pertambangan saat ini diambil alih oleh pemerintah pusat.

Demikian diungkapkan Kepala DLHK Sinjai Ramlan Hamid saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/9/2021).

“Jadi perizinan administrasi dan semacamnya itu pengawasannya adalah kewenangan Kementerian ESDM, pemerintah daerah selama ini kalau ada masyarakat yang mau menyampaikan usulan pengelolaan tambang, di tempat-tempat tertentu itu menyampaikan permohonan arahan ke pemerintah daerah melalui DLHK,” ujarnya.

Setelah usulan mereka masuk di DLHK, pihaknya langsung menanggapi hal tersebut dengan menyampaikan terkait aturan-aturan yang ada.

“Berdasarkan aturan undang-undang yang menjadi kewenangan segala aspek rekomendasi dan semacamnya itu dari Kementerian. Pemerintah daerah hanya memberi arahan untuk pengusulan administrasi kegiatan mereka yang mau lakukan,” kata Ramlan.

Oleh sebab itu, Ramlan berharap kepada seluruh masyarakat Sinjai, jika hendak berusaha khususnya di pertambangan mau berusaha mengambil material, baik batu pasir dan semacamnya, agar datang di kantor menyampaikan permohonan untuk pengelolaan.

“Nanti di sini diberi pengarahan, terkait pengurusan apa yang harus dilengkapi itu secara aturan undang-undang kita siapkan disini nanti kita fasilitasi yang seperti itu,” imbuhnya. (Alam)


 Komentar

Berita Terbaru
News25 September 2021 16:33
Azis Syamsuddin Jadi Tersangka KPK, Golkar Siapkan Pengganti
Trotoar.id, Makassar -- Pasca ditetapkan dam ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KOK) Azis Syamsuddin langsung menyampaikan surat pengunduran d...
Metro25 September 2021 16:08
1.191 Peserta Tes PPPK Guru Berkontribusi Terhadap Penurunan Level PPKM di Luwu Utara
Trotoar.id, Luwu Utara --- Hasil assesmen Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terhadap perkembangan situasi COVID-19 di Luwu Utara dari level 3 turun men...
News25 September 2021 16:04
RMS: Bimtek Nasdem Bantu Putaran Ekonomi di Makassar
Trotoar.id, Makassar -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan Rusdi Masse Mapasessu menyebutkan kegiatan Partai Nasdem yan...