NASIONAL

Jokowi Cabut Sendiri Ribuan Izin Tambang, Dahlan Iskan: Belum Pernah Ada Presiden Republik Ini yang Seberani Itu

Nuralamsyah
Nuralamsyah

Selasa, 11 Januari 2022 06:26

Presiden Jokowi dalam saat memberikan sambutan terkait persatuan menangani pandemi covid-19 di istana. | Setkab/Intan.
Presiden Jokowi dalam saat memberikan sambutan terkait persatuan menangani pandemi covid-19 di istana. | Setkab/Intan.

JAKARTA–Mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan menilai, menilai Presiden Joko Widodo marah sehingga  mencabut sendiri izin tambang. Pencabutan izin ini merupakan buntut dari krisisnya pasokan batu bara yang dialami oleh PT PLN (Persero).

 Sebanyak 2.078 izin usaha pertambangan (IUP) dicabut Jokowi. Ada tambang batu bara, lebih banyak lagi tambang mineral lainnya.

“Rasanya belum pernah ada seorang pun presiden republik ini yang seberani itu. Sampai ada yang menilai presiden lagi marah —terlihat dari mimiknya,” ujar Dahlan Iskan melalui catatan hariannya di Dis Way Senin 10 Januari 2022.

Dahlan Iskan mengatakan, mencabut sebanyak 2.078 IUP bukan perkara mudah. 

Mencabut izin itu punya konsekuensi hukum, kata dia, juga konsekuensi investasi: kepastian berusaha.

Dahlan menilai, mencabut itu dilakukan sendiri oleh presiden, bukan tingkat menteri, menurutnya, itu pertanda kemarahan pemerintah sudah sampai pada puncaknya.

“Logikanya, presiden menerima usulan dulu: perlunya sanksi kepada pemegang izin yang menelantarkan izin. Lalu, diterbitkanlah peringatan oleh instansi yang terkait. Setelah yang diingatkan bandel, diusulkan izin dicabut,” kata Dahlan.

“Yang mencabut tentulah instansi yang mengeluarkan izin. Maka, bahwa kali ini presiden sendiri yang mengumumkan pencabutan pastilah amat gawat” sambungnya.


 Komentar

Berita Terbaru
Daerah28 Januari 2022 11:41
Andi Utta: Jika Ada Panrita Lopi, Maka di Bulukumba Juga Panrita Bonsai
BULUKUMBA—Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Bulukumba menggelar Pameran dan Kontes Bonsai skala Nasional di Kabupaten Bulukumba, ...
sosial28 Januari 2022 11:30
Andi Sudirman Instruksikan BPBD Kirim Bantuan Korban Kebakaran di Bone dan Pangkep
MAKASSAR— Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel untuk mengir...
News27 Januari 2022 22:40
Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Kepulauan Selayar
MAKASSAR—Gempa berkekuatan Magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Gempa terjadi pada Kamis (27/1/2022), pukul 20.20 ...
Daerah27 Januari 2022 20:46
Pemda Lutra Raih Penghargaan Ombusman
Makassar, — Satu lagi kado Awal tahun 2022 yang menjadi semangat bagi Kabupaten Luwu Utara. Bagaimana tidak, di awal tahun ini Ombudsman RI memberik...