Wagub Tinjau Lokasi Perbaikan Bendungan Waru-waru

Suriadi
Suriadi

Sabtu, 09 Februari 2019 21:47

Wagub Tinjau Lokasi Perbaikan Bendungan Waru-waru

TROTOAR.ID BONE – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau lokasi proyek perbaikan pembangunan Bendungan Waru-waru, Desa Batu Gading, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sabtu (9/2).

Di lokasi ini rencananya akan dibangun bendungan di atas lahan seluas lima hektare, dengan bentang bendung 65 meter.

Warga Desa Batu Gading, Samsul, mengatakan, bendungan belum berfungsi maksimal. Padahal, jaringan irigasinya mampu mengairi kurang lebih 1000 hektare sawah.

Kepala Seksi Irigasi dan Air Bersih Dinas Pengelola Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Selatan, Ir Buaeti, mengatakan, bendungan ini dianggarkan di APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk tahun ini sekitar Rp 14 miliar untuk pengecoran dan penimbunan, guna ketahanan tembok bendungan.

Sementara, Wagub Sulsel Andi Sudirman mengatakan, sebelum dilakukan perbaikan, Bendungan Waru-waru berfungsi mengalirkan air dengan maksimal ke jaringan irigasi utama (jaringan primer) untuk pengairan sawah.
Selain perbaikan, perlu adanya pelatihan K3 untuk penjaga pintu air bendungan terkait keadaan standarisasi pembukaan pintu air bendung.

“Kita berharap agar melaporkan keadaan Bendungan Waru-waru secara berkala setiap enam bulan, dan laporkan jika ada masalahnya, bukan laporkan keadaan yang baik-baik,” tegasnya. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...