4 Kota MoU dengan Pelni, Menhub: Terima Kasih Inovasinya Pak Wali Kota Makassar

Fadli
Fadli

Kamis, 12 Agustus 2021 17:31

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

TROTOAR.ID, MAKASSAR – Inovasi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto soal isolasi apung menjadi perbincangan  di ranah nasional. 

Hal itu dibuktikan ada empat kota di Indonesia melakukan MOU dengan Pelni untuk menghadirkan isolasi apung di masing- masing daerahnya. 

Diantaranya, Kota Medan, Solo, Minahasa Utara dan Papua.  MOU ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi secara virtual. 

Inovasi Danny ini dinilai sangat efektif di masa pandemi. Dimana para pasien covid 19 yang positif dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi yang menyenangkan.

Ada tiga konsep yang ditanamkan dalam isolasi apung yakni recovery (penyembuhan), training motivasi dan rekreasi. 

“Sejauh ini kami jalankan kapal isolasi apung ini sangat efektif karena kita lakukan berbagai macam hipotesis dan ternyata berada di atas laut 80 persen orang bisa sembuh karena udaranya banyak mengandung klorin. Para isoman dan isowati diatas juga dihibur dan mendapatkan motivasi,” ungkapnya. 

Danny dihadapan Menhub mengatakan hingga hari ini sudah banyak yang pulang dan dinyatakan sembuh dari kapal isolasi apung tersebut. 

“Hari ini ada pulang 13 orang. Dan ada lagi yang naik 12. Rerata pasien sembuh setelah 5 hari isolasi d kapal. Penyembuhannya cepat karena kami memberikan pelayanan yang baik mulai dari makan, vitamin dan rekreasi,” sebutnya. 

Selain cepat meningkatkan imunitas, kapal isolasi apung ini pun dinilai lebih dapat menekan anggaran dibandingkan dengan isolasi di Hotel.

“Data saya dapatkan itu ada 2.000 yang isolasi mandiri. Kalau di hotel kita bisa pakai 10 hotel jadinya ribet. Nah ide ini muncul agar para pasien yang diisolasi bisa terpusat dan bisa dipantau lebih dekat oleh para nakes dan dokter. Anggarannya pun lebih murah di kapal,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya sangat berterima kasih atas inovasi dahsyat dari sang Inovator di Kota Makassar. 

“Terima kasih pak Wali, Danny Pomanto atas ide cemerlangnya di masa pandemi ini. Sekarang ini menjadi perintah pak presiden Jokowi untuk menghadirkan kapal isolasi apung terpadu di masing-masing daerahnya. Progressnya sangat baik saya lihat,” tuturnya.

Budi berharap di masa pandemi semua kota/kabupaten bisa konsen bersama-sama menekan penyebaran covid 19. (*)

 Komentar

Berita Terbaru
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi Kelompok Wanita Nelayan Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...
News27 Maret 2024 23:55
Di Depan Menteri PPPA, PJ Sekda Ungkap Program Longwis dan Jagai Anakta sebagai Upaya Keterlibatan Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, I Gusti Ayu Bi...
News27 Maret 2024 23:48
Yeni Rahman Ajak Warga Makassar Untuk Dalami Al-Qur’an di Bulan Suci Ramadhan
Yeni Rahman, Anggota DPRD Kota Makassar, mengajak warga Kota Makassar untuk lebih mendalami Al-Qur'an, terutama dalam bulan suci Ramadan....
News27 Maret 2024 23:37
Masyarakat Biringbulu Bangga Terhadap Pembangunan Pos Pelayanan Publik
Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabuaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul...