Pemkab Sinjai

Seluruh Lapisan Pemerintahan se-Kabupaten Sinjai Diminta Sosialisasikan Sensus Penduduk

Fadli
Fadli

Senin, 23 Mei 2022 16:18

Seluruh Lapisan Pemerintahan se-Kabupaten Sinjai Diminta Sosialisasikan Sensus Penduduk

Sinjai, trotoar.id – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meminta seluruh OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk mensosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020, lanjutan yang akan digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai.

“Guna memperoleh data yang akurat dan yang terbaik, kami harap kepada seluruh pihak khususnya Kepala Desa dan Lurah untuk membantu BPS dalam menyukseskan pendataan ini, ” jelas Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Dahlan yang mewakili Bupati ASA ketika membuka acara sosialisasi SP 2020 lanjutan yang digelar BPS Sinjai,  di Aula Pertemuan Wisma Sanjaya Putra Sinjai,  Senin (23/55/2022).

Selain itu,  ia mengharapkan agar pelaksanaan sensus penduduk lanjutan ini dapat memanfaatkan media yang ada agar bisa diketahui secara luas oleh masyarakat. 

“Pelaksanaan SP lanjutan ini kiranya bisa dipublikasikan secara luas melalui berbagai media yang ada seperti melalui pengumuman di masjid atau melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah desa/kelurahan,” jelasnya. 

Bupati ASA juga memberi apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Sinjai terhadap SP lanjutan ini sebab sudah memanfaatkan data adminduk serta dalam pelaksanaan SP ini dilakukan secara online sehingga masyarakat dapat berpatisipasi dengan mudah.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Sinjai Arif Miftahudin mengatakan bahwa SP lanjutan ini merupakan bagian dari SP yang dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, dimana dalam pelaksanaanya saat itu belum sempurna akibat adanya pandemi Covid-19.

“Saat itu tidak semua pertanyaan kita berikan karena kita dibatasi oleh pandemi Covid-19, dan kali ini kita coba kembali ke masyarakat lagi untuk menanyakan indikator yang akan dijadikan sebagai dasar pembangunan,” jelasnya. 

Hasil dari SP lanjutan ini nantinya diharapkan diperoleh parameter demografi, seperti kelahiran, kematian, dan migrasi. 


Data ini berguna, antara lain untuk menghitung proyeksi penduduk, serta informasi penting lainnya, dalam rangka menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bidang kependudukan.

Dalam sosialisasi ini diikuti oleh para Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  terkait, para Camat,  Kepala Desa dan Lurah Se-Kabupaten Sinjai. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Metro27 Juni 2022 20:31
Danny Pomanto Jawab Masukan Dewan, Perintahkan SKPD Bekerja Sesuai Tupoksi
Trotoar.id, Makassar,- Sejumlah masukan serta saran terdengar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Makassar, Senin (27/6/2022). ...
Metro27 Juni 2022 18:38
Lantik 7 Pejabat Eselon II, Ini Pesan Gubernur Sulsel
Trotoar.id, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II) li...
Metro27 Juni 2022 18:32
Indira Jusuf Ismail Ajak KICI Makassar Tingkatkan Capacity Building Mencerdaskan Keluarga dan Bangsa
Trotoar.id, Makassar,~ Ketua TP PKK kota Makassar Indira Jusuf Ismail menghadiri pelantikan pengurus Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI), di Aula Di...
Metro27 Juni 2022 17:46
Berkunjung ke Diskominfo-SP Sulsel, Legislator Wajo Minta Saran Terkait Keterbukaan Informasi Publik
Trotoar.id, Makassar - Migrasi tv analog ke digital merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan pelayanan dari segi kuantitatif penyiaran ke...