Pemprov Sulsel

Pj Gubernur Sulsel Sebarkan 1 Juta 10 Ribu Benih Ikan di Danau Tempe untuk Program Ketahanan Pangan

Fadli
Fadli

Jumat, 09 Februari 2024 11:46

Pj Gubernur Sulsel Sebarkan 1 Juta 10 Ribu Benih Ikan di Danau Tempe untuk Program Ketahanan Pangan

Trotoar.id, Wajo – Dalam upaya meningkatkan produksi ikan dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan di Sulawesi Selatan, Pemerintah Provinsi Sulsel bersama Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Bupati Wajo Amran Mahmud menyebar sebanyak 1 juta 10 ribu benih ikan nila dan ikan mas di Danau Tempe, Kabupaten Wajo.

“Kami memberikan perhatian serius kepada sektor perikanan. Masyarakat Wajo sangat tergantung pada danau dan perikanan,” ujar Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin saat melakukan penyebaran bibit ikan di Danau Tempe pada Jumat, 9 Februari 2024.

Langkah ini diambil mengingat jumlah ikan di danau dan bendungan semakin menurun. “Kami menyadari bahwa jumlah ikan semakin berkurang, dan kami ingin melakukan langkah nyata untuk mengatasi hal ini,” tambahnya.

Bantuan benih ikan ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Balai Benih Ikan di beberapa daerah di Sulsel, serta dukungan dari kementerian terkait.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendukung petani dan nelayan di Sulsel. Program penyebaran 100 juta benih ikan nila di Sulsel tahun ini adalah bagian dari komitmen tersebut,” jelas Pj Gubernur.

Selain penyebaran benih ikan, program lain yang dilakukan pemerintah adalah pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan sebagai upaya menjaga keberlanjutan ekosistem perairan.

Kepala Dinas Perikanan Wajo, Andi Ismirar Sentosa, menyambut baik program ini dan menyatakan bahwa ini sangat membantu nelayan di Danau Tempe.

“Program ini sangat luar biasa dan memberikan dampak positif yang besar bagi nelayan kami,” katanya.

Setelah menyebar benih ikan secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan bibit ikan nila kepada ratusan nelayan dari Wajo, Soppeng, dan Sidrap.

Para nelayan ini akan menyebarkan benih ikan di sepanjang Danau Tempe yang melintasi tiga kabupaten tersebut.

Penulis : Awal

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....