Pemkot Makassar

Disnaker Makassar Dukung Program Strategis Danny Pomanto: 10.000 Skill Training Gratis

Awal Nur
Awal Nur

Rabu, 10 Juli 2024 16:26

Dalam upayanya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat di sektor usaha dan industri, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto, meluncurkan program strategis berupa 10.000 Skill Training Gratis.
Dalam upayanya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat di sektor usaha dan industri, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto, meluncurkan program strategis berupa 10.000 Skill Training Gratis.

Trotoar.id,Makassar – Dalam upayanya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat di sektor usaha dan industri, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, meluncurkan program strategis berupa 10.000 Skill Training Gratis.

Program ini dipimpin oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, dengan dukungan dari 12 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Disnaker Kota Makassar, Neilam Palamba, menjelaskan bahwa setiap tahun, Disnaker menargetkan sekitar 2.000 peserta untuk berbagai jenis pelatihan.

“Kami memberikan pelatihan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), termasuk pelatihan dengan durasi 80 jam pelajaran untuk memastikan para peserta memiliki keterampilan yang kompeten,” ujarnya di Kantor Disnaker, Rabu (10/7/2024).

Neilam menambahkan, sebagai kota yang terkenal dengan perdagangan dan jasa, Makassar menawarkan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DuDi).

“Jenis pelatihan populer antara lain multimedia, keterampilan barista, administrasi perkantoran, kewirausahaan, hingga keterampilan teknis seperti pengoperasian alat berat,” jelasnya.

Program 10.000 Skill Training Gratis ini menyasar berbagai kelompok, termasuk masyarakat lorong, fresh graduate, dan penyandang disabilitas.

“Kami memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lorong, seperti menjahit dan barang daur ulang, untuk membantu mereka membuka peluang usaha,” terang Neilam.

Bagi penyandang disabilitas, Disnaker telah menyediakan unit layanan disabilitas sejak tahun 2021.

“Layanan ini melatih mereka dalam soft skill dan hard skill secara gratis, seperti pelatihan perbengkelan dan perbaikan alat elektronik, untuk meningkatkan perekonomian mereka,” tambah Neilam.

Disnaker juga bekerja sama dengan berbagai lembaga pelatihan dan industri untuk memastikan materi pelatihan sesuai dengan standar industri dan kebutuhan pasar kerja saat ini. “Kolaborasi ini penting untuk memastikan pelatihan yang diberikan relevan dan bermanfaat,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan yang tersedia, Neilam mengarahkan untuk mengakses website https://iporena.disnaker.makassarkota.go.id/login.

Neilam berharap program ini dapat mencetak tenaga kerja yang lebih terampil dan berdaya saing, membuka peluang investasi, dan menciptakan lapangan kerja baru di Kota Makassar.

“Dengan meningkatkan keterampilan masyarakat, kita mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan, menuju Makassar sebagai Kota Kompeten dan Inklusif,” pungkasnya.

Penulis : Anti

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 Juli 2024 21:40
Hari Kedua Operasi Patuh Pallawa, Bapenda Sulsel Kumpulkan Rp798 Juta Pajak Kendaraan Bermotor
Trotoar.id, Makassar – Unit PelaksanTeknis (UPT) Pendapatan Wilayah Makassar II dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel)...
Metro18 Juli 2024 21:23
Tim Korsupgah KPK Sambangi Kantor Bupati Gowa
Trotoar.id, Gowa, – Tim Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi Kantor Bupati Gowa. Kehadiran TiM Korsupgah KPK disambut langsu...
Metro18 Juli 2024 18:42
Prof. Zudan Arif Fakrulloh Diakui sebagai Pelaku Inovasi AI oleh Presiden Korika
Trotoar.id, Makassar, – Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, Presiden Korika, memberikan pengakuan terhadap Prof. Zudan Arif Fakrulloh sebagai pelaku utam...
Metro18 Juli 2024 16:17
Tim Sulsel Raih Juara I Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024 di Jakarta
Trotoar.id, Jakarta – Tim Senam Kreasi Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih Juara I pada Kejuaraan Senam Kreasi Piala Ibu Negara 2024....