Gubernur NA Buka Kegiatan Ruang Ekpresi, Temu dan Sharing Komunitas Kreatif Sulsel

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Minggu, 02 Desember 2018 21:08

Gubernur NA Buka Kegiatan Ruang Ekpresi, Temu dan Sharing Komunitas Kreatif Sulsel
TROTOAR.ID, MAKASSAR —  Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah (NA) membuka kegiatan Ruang Ekpresi, Temu Dan Sharing Komunitas Kreatif Sulsel di Baruga Patingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Sabtu (01/12).

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah mendorong para seniman dan budayawan untuk terus berkarya dangan lebih baik. Sedangkan upaya pemerintah adalah menyiapkan panggung bagi mereka untuk berkreasi. Dengan menghadirkan tempat-tempat dan fasilitas yang baik, seperti di Gedung Kesenian Makassar, di Gedung Mulo Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel atau tempat-tempat lainnya.

“Sekarang kita berpikir, bagaimana gedung ini kita kembalikan fungsinya sebagai situs pengembangan karya-karya seni,” kata Nurdin Abdullah.

NA juga menyampaikan mimpi lainnya, Sulsel menjadi pusat meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) atau tempat pertemuan, insentif, konvensi dan pameran di Indonesia.

Serta segala hal yang mendukung tumbuh dan berkembangnya karya para seniman dan budayawan. “Pemerintah harus berkomitmen untuk menghadirkan panggung bagi para budayawan dan seniman ini,” sebutnya.

Ia berharap kembangkitan budaya dan seni Sulsel di segala bidang. NA menyebutkan salah satu karya Sulsel yang begitu tersohor dan membanggakan adalah I La Galigo.

Selanjutnya, NA meninjau lokasi pameran karya seni “Ruang Ekspresi” yang berada di Taman Lakipadada yang masih berada di lokasi yang sama. NA meninjau karya-karya mereka dan berinteraksi langsung dengan para pembuat atau kreatornya. NA menyebutkan bahwa ini merupakan panggung ekspresi yang disediakan untuk menghimpun karya-karya seni para seniman, pelukis dan penggiat teknologi, termasuk dari kampus-kampus.

“Inshaallah kita coba carikan panggung bagi seniman untuk terus berinovasi, nanti pemerintah hadirkan pusat-pusat pengembangannya. Kalau selama inikan mereka di rumah-rumah nanti kita buatkan tempat, jika ada tamu-tamu kita misalnya yang ingin menikmati karya mereka, seperti lukisan dan karya seni lain, kita sediakan tempat representatif,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyebutkan, tahun 2019 nanti Pemprov Sulsel juga akan menghadirkan Program South Sulawesi Economy Creative.

“Ini wadahnya nanti ada di Triple C, kami berharap termasuk yang ada di sini juga mengambil bagian di South Sulawesi Creative Hub itu,” ujarnya.

Di pameran yang akan dibuka hingga besok (02/12) tersebut, NA sempat bermain gitar, serta membeli karya lukisan salah seorang seniman yang terbuat dari tanah berlukiskan wajahnya.(*)

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...