Bangkitkan Industri Rumahan, Karang Taruna Fokus Kembangkan Usaha Ekonomi Produktif

Fadli
Fadli

Rabu, 15 Januari 2020 15:39

Bangkitkan Industri Rumahan, Karang Taruna Fokus Kembangkan Usaha Ekonomi Produktif

Trotoar.id,Makassar – Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya memberdayakan para pelaku UKM khususnya industri rumahan.

Bagaimana tidak di Era industri Four Poin Zero yang dimana teknologi dan pasar kian berkembang, sehingga dapat membuat para pelaku UKM meraup keuntungan berlipat ganda. 

Peluang inilah yang kemudian menjadi landasan pola pikir Pengurus Karang Taruna Sulawesi Selatan. Akhir-akhir ini, mereka gencar melaksanakan program di bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP). 

Program UEP Karang Taruna hadir sebagai wadah dalam meningkatkan dan memasarkan produk-produk lokal dari hasil UKM Karang Taruna kabupaten kota di SulSel. 

Program UEP Karang Taruna Sulsel yang di koodinatori oleh, Syarifuddin Pasang, sudah di pasok oleh beberapa usaha-usaha rumahan dari berbagai daerah di Sulsel. 

Produk  yang dipasarkan diantaranya ikan asin, kripik kentang, kripik pisang, kopi Mamasa, kue-kue tradisional lokal dan beberapa usaha kreatif di bidang kuliner. 

Syarifuddin sebagai koordinator di program ini juga telah berkeliling di berbagai daerah Sulsel seperti di kabupaten Selayar dalam mensosialisasikan program UEP Karang Taruna Sulsel. 

Tak lupa pula Dia memberikan pembekalan dalam mengemas produk-produk lokal. 

 “Sebenarnya soal kualitas, produk kreatif rumahan yang dijalankan oleh pelaku UKM Karang Taruna Kabupaten Kota, tidak kalah dengan produk-produk yang ada di Swalayan hingga Supermarket. Hanya saja beberapa pelaku UKM ini masih minim dalam pemahaman mengemas produk yang mereka jual, ” jelas Syarif. Rabu, (15/1/2020). 

Ia berharap, kedepannya pihaknya terus memberikan pemahaman terhadap UKM – UKM yang dibina, agar mampu meningkatkan kreativitas yang mereka miliki utamanya di Era Industri 4.0.

“Target kita pasar modern dan pasar tradisional. Kita juga lagi bangun Koperasi Karang Taruna yang akan membeli produk UEP Karang Taruna Kabupaten Kota, dan kedepannya InsyaAllah kita akan terus tingkatkan,” pungkasnya.

 Komentar

Berita Terbaru
Metro18 April 2024 21:40
Kolaborasi Terjalin Kuat antara Basarnas dan Pemerintah Sulsel dalam Penanganan Bencana
Dalam upaya meningkatkan keselamatan warga dan respons terhadap bencana, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memberikan penghargaa...
Metro18 April 2024 21:15
Kunjungan Konsulat Jenderal Filipina ke Penjabat Gubernur Sulsel
Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral, Konsulat Jenderal Filipina, Marry Jennifer Dominggo Dingal, bertemu dengan Penjabat Gubernur Sulawesi Selat...
Politik18 April 2024 17:55
AIA Gerindra Fokus Usung Kader Dipilkada Serentak
Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra, mengungkapkan hasil pertemuan dengan ketua Nasdem Sulsel, Rusdi Masse, dan Rusdi...
Metro18 April 2024 16:54
Kunjungan ke PT. BMS: Muh. Saleh Tekankan Dampak Sosial dan Ekonomi yang Spesifik
Penjabat Bupati Luwu, Drs. H. Muh. Saleh, melakukan kunjungan kerja ke PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS) di Desa Karang Karangan, Kecamatan Bua. Dalam ku...