Bangkitkan Industri Rumahan, Karang Taruna Fokus Kembangkan Usaha Ekonomi Produktif

0
141

Trotoar.id,Makassar – Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan terus berupaya memberdayakan para pelaku UKM khususnya industri rumahan.

Bagaimana tidak di Era industri Four Poin Zero yang dimana teknologi dan pasar kian berkembang, sehingga dapat membuat para pelaku UKM meraup keuntungan berlipat ganda. 

Peluang inilah yang kemudian menjadi landasan pola pikir Pengurus Karang Taruna Sulawesi Selatan. Akhir-akhir ini, mereka gencar melaksanakan program di bidang Usaha Ekonomi Produktif (UEP). 

Program UEP Karang Taruna hadir sebagai wadah dalam meningkatkan dan memasarkan produk-produk lokal dari hasil UKM Karang Taruna kabupaten kota di SulSel. 

Baca Juga  Kontroversi Surat Kuasa 'Voting' Pilrek UKI Toraja Terkuak

Program UEP Karang Taruna Sulsel yang di koodinatori oleh, Syarifuddin Pasang, sudah di pasok oleh beberapa usaha-usaha rumahan dari berbagai daerah di Sulsel. 

Produk  yang dipasarkan diantaranya ikan asin, kripik kentang, kripik pisang, kopi Mamasa, kue-kue tradisional lokal dan beberapa usaha kreatif di bidang kuliner. 

Syarifuddin sebagai koordinator di program ini juga telah berkeliling di berbagai daerah Sulsel seperti di kabupaten Selayar dalam mensosialisasikan program UEP Karang Taruna Sulsel. 

Baca Juga  Angin Monsun Asia akan Melintas di Sulsel, Bupati Adnan Imbau Masyarakat Perkuat Kesiagaan

Tak lupa pula Dia memberikan pembekalan dalam mengemas produk-produk lokal. 

 “Sebenarnya soal kualitas, produk kreatif rumahan yang dijalankan oleh pelaku UKM Karang Taruna Kabupaten Kota, tidak kalah dengan produk-produk yang ada di Swalayan hingga Supermarket. Hanya saja beberapa pelaku UKM ini masih minim dalam pemahaman mengemas produk yang mereka jual, ” jelas Syarif. Rabu, (15/1/2020). 

Baca Juga  Kasatlantas Polres Bantaeng Beri Imbauan Bagi Pengendara di Musim Hujan ini

Ia berharap, kedepannya pihaknya terus memberikan pemahaman terhadap UKM – UKM yang dibina, agar mampu meningkatkan kreativitas yang mereka miliki utamanya di Era Industri 4.0.

“Target kita pasar modern dan pasar tradisional. Kita juga lagi bangun Koperasi Karang Taruna yang akan membeli produk UEP Karang Taruna Kabupaten Kota, dan kedepannya InsyaAllah kita akan terus tingkatkan,” pungkasnya.