Manajemen Pabrik Gula Arasoe Temui Bupati Sinjai

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 07 April 2021 22:51

Manajemen Pabrik Gula Arasoe Temui Bupati Sinjai

TROTOAR.id—Manajemen Pabrik Gula (PG) Arasoe, Cina, Kabupaten Bone melakukan kunjungan silaturahmi ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai. Rabu, (07/04/2021).

Kunjungan ini diterima langsung, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Plt Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai A. Ilham Abubakar dan jajarannya.

Manager Pabrik Gula (PG) Arasoe H. Aminuddin, mengungkapkan silaturahmi ini dalam rangka pengembangan tebu rakyat yang menjadi salah satu bahan baku pengelohan gula pasir. 

Mengingat saat ini terdapat kebun tebu rakyat di Sinjai yang telah menjadi mitra Pabrik Gula Arasoe. Luasnya mencapai 20 hektare di Desa Pattalassang, Kecamatan Sinjai Timur dan Desa Aska Kecamatan Sinjai Selatan.

Potensi inilah yang kemudian, kata Aminuddin yang disampaikan ke Bupati ASA, agar kebun tebu rakyat di Sinjai lebih luas, sebab akan berdampak pada perekonomian warga atau petani. 

“Tahun ini sudah tahun ketiga kami menggiling bahan baku tebu dari Sinjai untuk diolah menjadi gula pasir,” katanya. 

Pihaknya pun mengaku siap menyerap dan menerima bahan baku dari petani di Sinjai, jika potensi tebu rakyat nanti betul-betul bisa dimanfaatkan. Semakin banyak bahan baku, akan semakin bagus. 

“Akan ada MoU nanti dengan petani, jadi tidak ada lagi kekhawatiran petani bahwa tebunya mau dibawa kemana. Kami siap untuk menyerap bahan baku untuk diolah,” jelasnya. 

Tak dipungkiri, Gula merupakan salah satu unsur dalam Sembilan bahan pokok yang saat ini produksinya masih belum mampu memenuhi permintaan pasar, sehingga dengan pengembangan tebu rakyat kedepan diharapkan produksi gula khususnya di Sulsel semakin besar. 

“Masa ada pabrik gula yang dekat dari Sinjai, tidak dimanfaatkan padahal hasilnya juga bisa dinikmati warga Sinjai. Contohnya sudah kita perlihatkan sama pak Bupati tadi,”  imbuhnya. 

Terpisah Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, H Jamaluddin Nanring, mengemukakan, komoditi tebu sudah ada sejak tahun 70an ini, hanya ada di Kabupaten Sinjai, Takalar dan Bone.

“Jadi mengembangkan tebu itu memang sangat kita butuhkan supaya kita jangan terlalu banyak mengimpor gula dari luar negeri. Alhamdulillah, sangat disambut baik oleh pak Bupati,” ucapnya. 

Pihaknya kedepan mengaku siap melakukan pendampingan terhadap pengembangan komoditi tebu di Kabupaten Sinjai, tentu dengan melibatkan para penyuluh perkebunan yang dimiliki Pemkab Sinjai. 

“Tadi pak Bupati sudah memberi sinyal, dan kami sebagai instansi teknis di bidang perkebunan, dengan teman – teman pendamping perkebunan, penyuluh, kami sangat siap untuk itu,” tandasnya. (Hms/Trotoar)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Enam Terduga Teroris Bila Mutiara Diamankan Densus 88
Metro13 April 2021 23:48
Enam Terduga Teroris Bila Mutiara Diamankan Densus 88
TROTOAR.ID, MAKASSAR -- Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali mengamankan enam orang terduga teroris kelompok Villa Mutiara Makassar ...
Wabup Sinjai Himbau Warga Siaga Bencana
Daerah13 April 2021 23:24
Wabup Sinjai Himbau Warga Siaga Bencana
TROTOAR.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten Sinjai mengajak seluruh komponen masyarakat agar selalu siap siaga dan waspada terhadap terjadinya bencana ...
UPTD SMPN 11 Sinjai Berduka, Istri Kepsek Meninggal
Daerah13 April 2021 21:48
UPTD SMPN 11 Sinjai Berduka, Istri Kepsek Meninggal
TROTOAR.ID, SINJAI -- "Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Turut berduka cita yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas meninggalnya Ibu Ramlah, S.Pd. Bel...
Tingkatkan Pelayanan, Polres Sinjai Lakukan Kerjasama MoU dengan Kantor Pos.
Daerah13 April 2021 21:41
Tingkatkan Pelayanan, Polres Sinjai Lakukan Kerjasama MoU dengan Kantor Pos.
TROTOAR.ID, SINJAI - Polres Sinjai dengan PT. Pos Sinjai melaksanakan Acara penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dihadiri unsur forkop...