Ekonomi

PT Vale Akhirnya Serahkan Bandara Sorowako ke Pemprov Sulsel

Awal Nur
Awal Nur

Jumat, 13 Mei 2022 00:08

PT Vale Akhirnya Serahkan Bandara Sorowako ke Pemprov Sulsel

Lutim, trotoar.id – PT Vale Indonesia secara resmi menyerahkan Bandar Udara Sorowako dan pengelolaan kebandarudaraan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal itu dilakukan penyerahan Bandara Sorowako dan pengelolaan kebandarudaraan oleh Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy kepada Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman  pada acara 19 Tahun Kabupaten Luwu Timur, Kamis (12/5/2022).

Ada tiga objek yang diserahkan PT Vale, yakni lahan seluas 25,4 hektar (ha), barang bergerak berupa aset-aset yang berfungsi sebagai  sarana dan prasana yang mendukung pengoperasian bandara sorowako, serta pengelolaan jasa kebandarudaraan atas Bandar Udara Sorowako di Luwu Timur.

Pencapaian ini tentu tidak lepas dari usaha dan komitmen Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Mengingat upaya Pemprov Sulsel yang bertahun-tahun lalu dalam mendorong menjadikan bandara penerbangan privat itu menjadi bandara umum dan komersil.

Penyerahan bandara ini juga menjadi bagian dari upaya besar Andi Sudirman untuk mendorong terus menerus perusahaan multinasional dan Nasional yang beroperasi di Sulsel untuk secara signifikan memberikan kontribusi bagi masyarakat Sulsel. 

“Alhamdulillah, ini jadi kabar baik khususnya untuk masyarakat Luwu Raya. Setelah perjuangan bertahun-tahun, PT. Vale akhirnya menyerahkan Bandara Sorowako kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Gubernur termuda di Indonesia ini, menyampaikan terima kasih dan apresiasi PT. Vale  Indonesia atas dedikasi dan kontribusinya untuk masyarakat Sulawesi Selatan.

“PT. Vale sebagai perusahaan Multinasional Nasional hari menunjukkan niat baik untuk terus berkontribusi bagi masyarakat Sulsel dan Luwu Raya pada khususnya. Mudah-mudahan komitmen ini akan terus berlanjut khususnya komitmen untuk membantu kemajuan daerah Luwu Timur dan Sulsel,” tegasnya.

Ia pun berharap, dengan dibukanya layanan umum di Bandara Sorowako akan mendukung pariwisata, dan mendatangkan wisatawan baik mancanegara maupun domestik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Luwu Timur. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...
Metro28 Maret 2024 16:43
PJ Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pengamanan Mudik Idul Fitri
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Terpusat Ketupat 2024 guna memastikan arus m...
Metro28 Maret 2024 00:02
Pj Ketua DWP Kota Makassar Fadliah Firman Dampingi Menteri PPPA Kunjungi KWN Fatimah Az-Zahra
Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Makassar, Fadliah Firman, didampingi oleh sejumlah pengurusnya, turut serta dalam kunjungan Menteri Pember...