Pemkab Sinjai

Sapi IB Jadi ‘Andalan’ Bupati ASA

Fadli
Fadli

Senin, 23 Mei 2022 15:57

Sapi IB Jadi ‘Andalan’ Bupati ASA

Sinjai, trotoar.id – Sektor peternakan hingga di tahun keempat kepemimpinan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) masih menjadi fokus utama, salah satunya dengan meningkatkan populasi dan produksi sapi melalui Program Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik.

Kurun waktu yang berjalan, Inseminasi Buatan yang merupakan salah satu program unggulan Bupati ASA dari tahun ketahun terus mencapai target. Di tahun 2022 ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai kembali menargetkan 6 ribu ekor sapi di IB.

Kepala DPKH Sinjai H. Burhanuddin mengatakan dari jumlah tersebut hingga di triwulan pertama di tahun 2022 ini telah membuahkan hasil. Meski capaiannya belum menyentuh target itu. 

“Dari target 6.000 pelaksanaan IB di Tahun 2022 realisasi di triwulan pertama itu kita sudah capai 2.622 dosis. Kemudian sudah ada kelahiran 863 ekor, dan dari yang di IB 2.622 setelah diperiksa itu ada yang bunting 1576 ekor,” beber Burhanuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/5/2022).

Pihaknya optimis program IB dapat mencapai target hingga akhir tahun, apalagi antusiasme masyarakat sangat tinggi mengikuti program “andalan” Bupati ASA itu.

“Kalau capaiannya kita optimis karena ini baru di triwulan pertama saja sudah 2.622, kalau melihat antusiasme para peternak, Insya Allah di akhir tahun bisa tercapai bahkan kita bisa dapat sampai 8 ribu ekor,” jelasnya.

Burhanuddin menjelaskan bahwa, salah satu manfaat yang diperoleh oleh peternak dengan adanya program tersebut yakni peningkatan pendapatan. Itu dilihat dari sapi jantan yang dihasilkan jauh lebih besar harganya daripada hasil kawin alam.

Dia juga menyebut, tekad Bupati ASA untuk menjadikan Bumi Panrita Kitta sebutan Kabupaten Sinjai sebagai daerah metropolitan sapi.


Pernyataan Burhanuddin sangat beralasan, sebab potensi dan kemauan masyarakat di Kabupaten Sinjai dalam mengembangbiakkan sapi cukup besar.

“Memang beliau Pak Bupati mengharapkan Sinjai menjadi daerah metropolitan sapi di Indonesia Timur, salah satu yang bisa kita capai itu dengan menggencot pelaksanaan IB,” kuncinya. (*)

Penulis : Alam

 Komentar

Berita Terbaru
Metro27 Juni 2022 18:38
Lantik 7 Pejabat Eselon II, Ini Pesan Gubernur Sulsel
Trotoar.id, Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melantik dan mengambil sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama (Eselon II) li...
Metro27 Juni 2022 18:32
Indira Jusuf Ismail Ajak KICI Makassar Tingkatkan Capacity Building Mencerdaskan Keluarga dan Bangsa
Trotoar.id, Makassar,~ Ketua TP PKK kota Makassar Indira Jusuf Ismail menghadiri pelantikan pengurus Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI), di Aula Di...
Metro27 Juni 2022 17:46
Berkunjung ke Diskominfo-SP Sulsel, Legislator Wajo Minta Saran Terkait Keterbukaan Informasi Publik
Trotoar.id, Makassar - Migrasi tv analog ke digital merupakan program pemerintah pusat untuk meningkatkan pelayanan dari segi kuantitatif penyiaran ke...
Nasional27 Juni 2022 17:34
Massa Segel BNI 46 Makassar, Tuntut Uang IMB Dikembalikan
Trotoar.id, Makassar- Solidaritas Masyarakat Untuk Andi Idris Manggabarani, Koran Kejahatan Perbankan di BNI, menggelar aksi unjuk rasa di depan kanto...