Pemilu

Wabup Gowa Terima Program Lampu Jalan Tenaga Surya: Implementasi Aspirasi ARW untuk Kemajuan Lingkungan dan Keamanan

Fadli
Fadli

Rabu, 24 Januari 2024 14:44

Abdul Rauf Malaganni, Wakil Bupati Gowa, menyambut hangat program penerangan Lampu Jalan Tenaga Surya yang disalurkan oleh Anggota DPR RI Komisi VII, Ridwan Andi Wittiri (ARW).
Abdul Rauf Malaganni, Wakil Bupati Gowa, menyambut hangat program penerangan Lampu Jalan Tenaga Surya yang disalurkan oleh Anggota DPR RI Komisi VII, Ridwan Andi Wittiri (ARW).

Trotoar.id, Gowa, – Abdul Rauf Malaganni, Wakil Bupati Gowa, menyambut hangat program penerangan Lampu Jalan Tenaga Surya yang disalurkan oleh Anggota DPR RI Komisi VII, Ridwan Andi Wittiri (ARW).

Program inovatif ini dianggap sebagai hasil dari aspirasi ARW dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menjadi solusi efisien dalam pemanfaatan energi terbarukan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam acara serah terima program yang berlangsung pada Rabu (23/1/2024), Wakil Bupati Gowa menyampaikan rasa terima kasihnya atas pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya.

Program ini dianggap sebagai langkah positif dalam memanfaatkan sumber energi terbarukan, sekaligus mendukung pembangunan ekonomi, mencegah kecelakaan jalan, dan mengurangi tingkat kejahatan di malam hari.

“Kami berharap dapat dipelihara lebih lanjut sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga Gowa. Kami, atas nama pemerintah Gowa, berterima kasih kepada ARW dan Kementerian ESDM,” ungkap Abdul Rauf Malaganni.

Program ini menjadi langkah nyata untuk memberikan akses penerangan yang lebih baik, terutama bagi masyarakat di pedesaan atau daerah yang mungkin tidak terjangkau oleh infrastruktur listrik tradisional.

Dengan adanya lampu tenaga surya, jalan-jalan yang sebelumnya gelap dapat diterangi, membantu mencegah kejahatan, dan menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi warga.

Ridwan Andi Wittiri, selaku inisiator program dan caleg Dapil I Sulsel untuk DPR RI dari PDIP, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pembangunan daerah.

“Setelah masalah kampanye, saya kembali menjadi anggota DPR Pusat dan kewajiban saya adalah menggelontorkan program pusat ke sini,” ungkapnya.

Wittiri menegaskan bahwa aspirasi yang disalurkannya merupakan bagian dari kewajiban pemerintah kepada warganya, yang didukung oleh hasil pajak yang dikumpulkan selama ini.

“Kita akan tambah lagi khusus lampu jalan, karena masih banyak keluarga kita yang belum menikmati,” tegasnya.

Ditjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM menegaskan bahwa pembagian lampu jalan merupakan hasil langsung dari aspirasi Ridwan Andi Wittiri. Program Pemasangan PJU-TS ini menjadi langkah strategis Kementerian ESDM, mendukung solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan di jalan perdesaan yang sulit dijangkau oleh jaringan PLN.

Penulis : Awal

 Komentar

Berita Terbaru
Olahraga24 Februari 2024 18:51
300 Lebih Atlet Akan di Berangkatkan ke PON XXI, KONI Sulsel: Kami Kekurangan Anggaran
Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Mujiburrahman berharap agar kiranya pemerinta provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) agar kira...
Politik24 Februari 2024 18:36
Ditangan APPI Golkar Kembalikan Kejayaan Sebagai Pemenang Pemilu di Kota Makassar
Meskipun mengalami kekalahan dalam pemilihan umum di tingkat provinsi, Partai Golkar di kota Makassar mampu menunjukkan keberhasilannya keluar sebagai...
Olahraga24 Februari 2024 18:16
Pengurus PASI Sulsel Resmi Dilantik, Pahlevi: Langkah Awal Menuju Atlet Berprestasi
Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sulawesi Selatan periode 2023-2027 resmi dilantik dalam sebuah acara yang diadakan pada h...
News24 Februari 2024 15:55
Bupati Bulukumba Andi Utta Dorong Implementasi Aktif Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim
Konsorsium PAYO-PAYO OASE menyelenggarakan konsultasi publik untuk menyusun dokumen Rencana Aksi Daerah Adaptasi Perubahan Iklim (RAD-API) Bulukumba....