Survei Puskaptis Jokowi-Amin “Keok” Dari Prabowo-Sandi

0
225

TROTOAR.ID, JAKARTA — Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (puskaptis)  merilis hasil survei yang diakukan pada 26 Maret-2 April 2019 terhadap 1.200 responden yang punya hak pilih dan terdaftar di KPU.

Hal hasil Survei Puskaptis menunjukkan jika pasangan calon Petahana Jokowi-Ma’ruf Amin “keok” dari penantangnya Prabowo-Sandi yang meraih elektabilitas 47, 59 persen, sementara elektabilitas jokowi-Amin 45,37 persen.

“Saat ini pasangan Prabowo-Sandi telah ungh dari calon petahana Jokowi-Ma’ruf Amin, walaupun selisihnya tipis,” kata Direktur Eksekutif Lembaga survei Puskaptis Ir. Husin Yazid saat jumpa pers di Menteng, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Survei puskaptis rersebut menggunakan metode multistage random sampling itu memiliki margin of error 2,4% pada tingkat kepercayaan 95%, 

Yazid menjelaskan, survei dilakukan secara propforsional di 34 Provinsu, dan menyadari responden yang memiliki hak pilih  pada pemilu 17 April mendatang.

Yazid menyebutkan, naiknya elektabilitas Prabowo-Sandiaga yang bertengger di angka 47,59 persen dihasilkan dari beberapa indikator yang membuat Saingan Voter mengalihkan dukungannya kepada calon penantan, yang menginginkan tercapainya perubahan dan keingian rakyat untuk menganti presiden.

Sementara hal yang membuat elektabilitas Jokowi-Aminbyang awalnya diatas Diatas Prabowo Sandi dikarenakan tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintah yang dianggap cukup rendah

“Jadi, pasangan Prabowo-Sandi sudah memasuki fase trand positif. Sebaliknya Jokowi-Ma’ruf tergerus setelah mengalami trend negatif,” paparnya.

Yazid menjelaaskan elektabilitas di bawah 50% bagi Jokowi yang juga calon petahana merupakan kkerawanandan [email protected] calon petahana

Sedangkan keunggulan yang cukup tipis sebesar tipis 2,14% Prabowo-Sandi ini merupakan modal posutuf bagi paslon penantang untuk meraih kemenangan di Pilpres 2019 pada 17 April mendatang

“Terakhir, perbedaan tingkat elektabilitas yang ketat ini dapat disimpulkan kedua pasangan punya peluang yang sama dalam memenangkan pertarungan. Namun dengan modal keunggulan 2,14%, Prabowo-Sandi berpeluang besar memenangkan pertarungan di Pilpres 17 April 2019.(Iyat)