Tim Relawan Gugus Covid-19, Sidak Langsung Pedagang Pasar di Makassar

Fadli
Fadli

Selasa, 18 Agustus 2020 18:07

Tim Relawan Gugus Covid-19, Sidak Langsung Pedagang Pasar di Makassar

Makassar,Trotoar.id – Memasuki era New Normal Life, Tim relawan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 turun langsung menggelar sidak ke beberapa pasar di Kota Makassar.

Tak hanya itu, Tim relawan yang dibentuk langsung oleh pusat juga memberikan edukasi kepada sejumlah pedagang pasar tentang protokol kesehatan covid-19.



Koordinator relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, Ahmad Yusran mengatakan, edukasi itu penting, bagaimana pedagang dan pembeli serta pengelola itu sadar akan tanggungjawab karena bangsa ini tengah menghadapi perang melawan musuh yang tak tampak.

“Nah kami dari tim relawan yang berjibaku hari ini sebenarnya konsentrasi di dua pasar yakni pasar Maricaya dan Pasar Panakkukang. Ternyata dari hasil pemantauan kami aspek kepatuhan di pasar masih perlu perhatian.”Ujar aktivis lingkungan ini.

Menurutnya, sudah cukup baik karena sebelumnya masyarakat dan pedagang sudah banyak yang paham dengan adanya beberapa edukasi dan sosialisasi.

“Kami tidak sekedar seremoni, ada data nanti kami kirim ke pusat. Dan menyampaikan apa yang jadi harapan para pedagang, pembeli dan pemerintah daerah sendiri terhadap daerah pusat selaku kendali,”tambahnya.

Disamping itu, Yusran juga mengapresiasi kinerja PD Pasar yang sudah optimal melakukan edukasi ke warga binaannya.

“Tinggal bagaimana para pedagang mematuhinya. Karena motor roda ekonomi utamanya UMKM harus tetap berputar. Tapi intinya ada Negara hadir,” lanjut Yusran.



Sementara, Saharuddin Ridwan selaku Direktur Operasional PD Pasar mengatakan ada tiga hal yang jadi fokus perhatian PD Pasar. Yakni Pertama phisikal distensing, cuci tangan sebelum dan sesudah belanja dan pakai masker.

“Kami selalu menyampaikan kepada pedagang bagaimana mereka bisa menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, Yang sulit sebenarnya hanya jaga jarak,”ungkapnya.

Akan tetapi pihaknya selalu dibantu oleh TNI melakukan sosialisasi. meski setiap saat dirinya sering mengingatkan para pedagang.

Dari hasil survey FKM kemarin juga dijelaskan bahwa sebebarnya pedagang semua memiliki masker tapi kadang cara penggunaanya yang tidak tepat. Itulah yang perlu diperhatikan.

“Nah tugas kita memberi teguran. Untuk itu kami tetap imbau agar mereka tetap patuh. Karena kalau tidak, akan menjadikan kondisi pasar seperti dulu dan bisajadi aktifitas pasar jadi setengah hari lagi.

“Ini yang kita tidak inginkan. Sehingga yang kita inginkan bagaimana pasar bisa sehat, baik lingkungannya maupun masyarakatnya dan bagaimana bisa berdaya dari sisi ekonomi dan berdaya pada pendapatan daerah.”tandasnya.

Turut hadir dalam giat itu Direktur Utama PD Pasar Makassar, Basdir, memantau langsung kegiatan tersebut. Bersama Direktur Umum, Anto Liwang dan Bantuan personil Kodim Yonkav 10/Mendagiri dan Bekkangdam XIV/HSN.

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...