TNI AL Lampia-Mori Diving Club Peringati Hari Lahir Pancasila 2021 Di Bawah Laut

MUHAMMAD LUTFI
MUHAMMAD LUTFI

Rabu, 02 Juni 2021 14:16

TNI AL Lampia-Mori Diving Club Peringati Hari Lahir Pancasila 2021 Di Bawah Laut

Trotoar.id, Makassar — Lutim, Personel Pos TNI AL (Posal) Lampia bersama Mori Diving Club Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan memperingati Hari Lahir Pancasila dengan cara berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada pelaksanaan upacara peringatan hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia ini dengan menggelarnya di bawah laut, Selasa (01/5/21).

Di wilayah perairan Parasulu dengan kedalaman berkisar 20 meter, para penyelam ini mengibarkan bendera putih tanpa ada kendala sedikit pun. Dengan semangat jiwa nasionalisme yang dimiliki, bendera merah putih akhirnya bisa berkibar di bawah laut.

“Sengaja kami memilih mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut agar tampak berbeda dengan pelaksanaan yang biasanya dilakukan di lapangan upacara dengan tujuan agar lebih memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila sesuai dengan makna yang diungkapkan oleh Presiden pertama RI kita yaitu bapak Ir. Soekarno yaitu Pancasila merupakan jiwa Indonesia, dengan demikian, Pancasila tidak hanya dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia”, ujar Komandan Posal Lampia Serma LIS Yosep RD.

“Dan hal ini juga mengajarkan bahwa Indonesia juga merupakan negara dengan wilayah perairan laut yang luas yang berarti bukan pemisah tetapi merupakan pemersatu pulau-pulau yang ada di nusantara”, tambahnya.

Penulis : Ady

 Komentar

Berita Terbaru
News21 Juni 2021 23:42
Kunjungi TPI Sumpang, Andi Ina Ingatkan Protokol Kesehatan
Trotoar.id, Barru -- Ketua dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel Andi INa Kartika Sari melakukan meninjau proses rehabilitasi bangunan Tempat P...
News21 Juni 2021 22:54
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara
Lengkap dengan para Widyaiswara, Kepala BPSDM Sulsel Temui Bupati Luwu Utara...
News21 Juni 2021 22:49
Budi Hastuti Sosialisasikan Perda Tentang Kesehatan
Trotoar.Id, Makassar - Anggota DPRD Kota Makassar, Budi Hastuti menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 7 tahun 2009 tentang pelayanan ke...