WHO Protes Jokowi ‘Longgarkan’ PPKM

Suriadi
Suriadi

Kamis, 22 Juli 2021 23:29

Seseorang yang berjalan di depan sebuah tembok yang berisi lukisan sebagai tanda bahwa tenaga kesehatan mengajak semua masyarakat Indonesia untuk lawan virus corona. FOTO: Istimewa.
Seseorang yang berjalan di depan sebuah tembok yang berisi lukisan sebagai tanda bahwa tenaga kesehatan mengajak semua masyarakat Indonesia untuk lawan virus corona. FOTO: Istimewa.

TROTOAR.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo melonggarkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 4 hingga 25 Juli 2021, hal ini diprotes oleh World Health Organization (WHO).

Pelonggaran tersebut dilihat, di antaranya soal jam buka PKL dan pedagang kecil.

Dikutip dari Reuters, WHO menyebut bahwa Indonesia saat ini tengah mengalami tingkat penularan yang masif. Olehnya, organisasi kesehatan dunia tersebut menerangkan pentingnya penerapan kesehatan dengan langkah-langkah pembatasan sosial ketat.

“Indonesia saat ini menghadapi tingkat penularan yang sangat tinggi dan ini menunjukkan betapa penting penerapan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah pembatasan sosial yang ketat, terutama pembatasan pergerakan di seluruh negeri,” bunyi laporan terbaru WHO, Kamis, 22 Juli 2021.

WHO meminta agar 13 dari 34 provinsi di Indonesia menerapkan “Kebijakan tanggap sesegera mungkin” untuk mengatasi peningkatan tajam infeksi Covid-19.

Sebelumnya pun sejumlah media internasional menyebut Indonesia sebagai salah satu episentrum pandemi global dalam beberapa pekan terakhir karena tren penularan Covid-19 melonjak lima kali lipat lima pekan terakhir.

Pekan ini, jumlah kematian Covid-19 Indonesia mencapai rekor tertinggi, yakni lebih dari 1.300 dalam sehari. Jumlah kematian itu menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. (Alam)

 Komentar

Berita Terbaru
Nasional23 Juli 2021 22:41
Tutup Akses Rumah Mengaji, PAN Akan Jatuhkan Sanksi Kepada Amiruddin
Trotoar.id, Makassar -- Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Pangkep Amiruddin menutup akses pintu masuk ke rumah tahfiz Alquran...
Daerah23 Juli 2021 21:46
Menuju TOP 45, Inovasi Getar Dilan Sukses Lewati Tahapan Verlap
Trotoar.id, Luwu Utara --- Verifikasi dan Observasi Lapangan (Verlap) terhadap inovasi Getar Dilan alias Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan usai ...