Didepan Anggota KPK NH-Aziz Paparkan Konsep Pemerintahan Bersih

Suriadi
Suriadi

Selasa, 01 Mei 2018 16:03

Didepan Anggota KPK NH-Aziz Paparkan Konsep Pemerintahan Bersih
TROTOAR.ID, MAKASSAR — Komitmen pasnagam cqlon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Muzadkkar mewujudkan pemerintahan bersih dan bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) disampaikannya di hadapan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam program kupas tuntas program cagub dan cawagub.

Apa lagi pihaknya siap menerapkan e-planning dan e-budgeting yang merupakan perisai dari praktik kotor merugikan uang negara.

Komitmen mengimplementasikan e-planning dan e-budgeting secara tegas disampaikan oleh NH di depan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Laode M Syarif, pada program ‘Kupas Kandidat’ di TVRI, Senin (30/4) malam.

Laode yang bertindak selaku panelis diketahui menantang pasangan calon kepala daerah untuk menerapkan sistem online dalam perencanan dan penyusunan anggaran.

“Ini bukan lagi soal berani atau tidak (menerapkan e-planning dan e-budgeting), tapi itu memang merupakan sebuah keharusan. NH-Aziz berkomitmen menghadirkan pemerintahan yang bersih dan transparan. Untuk itu, harus ada sistem itu yang diimplementasikan,” tegas NH.

Spontan Laode mengapresiasi komitmen NH-Aziz dan siap menagihnya bila kelak pasangan nomor urut satu itu terpilih. Laode yang juga akademisi Universitas Hasanuddin bahkan dengan nada bercanda sempat menyebut masa jabatannya di KPK segera habis dan akan kembali menjadi warga Makassar. Olehnya itu, ia berharap pimpinan Sulsel ke depan benar-benar bersih demi terciptanya kesejahteraan.

“Masa jabatan saya di KPK sisa dua tahun lagi, setelah itu saya juga bakalan pulang lagi ke Makassar. Kalau bapak-bapak (NH-Aziz) jadi gubernur dengan programnya, saya juga bisa ikutan sejahtera,” kelakar Laode yang diiringi tawa para panelis, pemandu acara dan NH-Aziz.

Di hadapan pimpinan KPK, NH juga sekaligus memaparkan lima strateginya bersama Aziz untuk menciptakan pemerintahan bersih dan transparan. Pertama, menghadirkan lingkungan kerja yang membentuk karakter pegawai jujur dan berintegritas. Kedua, menciptakan kepatuhan pegawai terhadap aturan. Ketiga, reformasi birokrasi menyangkut peningkatan kapasitas dan peningkatan kesejahteraan.

NH menyebut jurus keempat berupa memastikan pelaksanaan pekerjaan merujuk pada Standar Operasional Prosedur dan jurus kelima berupa penerapan sistem online, termasuk e-planning dan e-budgeting. “Sistem online itu menunjukkan pemerintahan yang transparan, dimana masyarakat bisa terlibat dan mengakses. Publik bisa tahu, mengamati dan memberikan masukan,” tuturnya.

Sementara itu, Aziz menambahkan penerapan sistem online tidak membuat pihaknya sepenuhnya lepas tangan. Kata dia, meski sudah ada e-planning dan e-budgeting, pengawasan tetap akan dilakukan secara ketat. Toh, bisa saja kecanggihan teknologi itu diakali oleh manusia. Makanya, pihaknya juga akan mengoptimalkan kinerja inspektorat. Pengawas internal itu akan diberikan kewenangan yang lebih luas.

Gagasan NH-Aziz dalam mencegah praktik KKN itu direspons positif oleh Laode. Ia sepakat dengan ide Aziz yang menyebut penerapan sistem online tidak boleh membuat aparatur pemerintahan yang berwenang lepas tangan dalam pengawasan. Kata Laode, gagasan NH-Aziz dalam melawan korupsi, terlebih dengan adanya kontrak politik patut diapresiasi. Tinggal menunggu, kata dia,

 Komentar

Berita Terbaru
Politik29 Maret 2024 04:22
Partai NasDem Sulsel Siapkan Arham Basmin Sebagai Calon Kuat di Pilkada Luwu
Dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Partai NasDem di Provinsi Sulawesi Selatan telah menegaskan akan mengusung kader inte...
News28 Maret 2024 22:04
PJ Bupati Luwu Serahkan LKPD TA 2023 ke BPK
Pj. Bupati Luwu, Muh. Saleh, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) (Unaudited) T.A. 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perw...
Politik28 Maret 2024 20:16
NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Sebagai Calon Walikota Makassar di Pemilihan 2024
Partai NasDem telah menyiapkan satu nama yang akan didorong maju dalam Pemilihan Walikota Makassar 2024. Nama tersebut adalah Fatmawati Rusdi....
Metro28 Maret 2024 19:39
PD Tidar Sulsel Menggelar Acara Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim
Pengurus Daerah Tidar yang juga sayap partai Gerindra menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim di hotel Remcy Makassar ...